Sukses

Tangani Obesitas Sunarti, RSHS Kerahkan 11 Dokter Spesialis

Sunarti (39), wanita asal Desa Cibalongsari, Kecamatan Klari, Kabupaten Karawang, diketahui mengidap obesitas.

Liputan6.com, Bandung Sunarti (39), wanita asal Desa Cibalongsari, Kecamatan Klari, Kabupaten Karawang, diketahui mengidap obesitas. Untuk memulihkan kondisi berat badannya, Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung membentuk tim dokter.

Direktur Utama RSHS Nina Susana Dewi mengungkapkan, pihak RSHS sudah melakukan pemeriksaan kondisi tubuh, gizi, dan penyakit atau potensi komplikasi yang bisa saja berada di tubuh Sunarti yang dirawat sejak Jumat (1/2/2019) lalu.

"RSHS sudah membentuk tim yang melibatkan 11 multidisiplin ilmu kesehatan. Perawatan dan pemeriksaan terhadap pasien membutuhkan waktu untuk mendapatkan diagnosa pasti. Setelah itu melakukan tindakan apa yang dilakukan Ibu Sunarti," ujar Nina dalam jumpa pers di RSHS, Senin (4/1/2019).

Tim dokter terdiri dari spesialis jantung, paru, gizi, nutrisi, psikiatri dan lain-lain. Pihak RSHS tidak langsung menerapkan program diet kepada Sunarti yang memiliki bobot 148 kilogram, namun mengatur pola makanan yang tak jauh beda dari jam dan kebiasaan makan Sunarti selama ini.

Menurut ketua tim dokter penanganan Sunarti, Arto Yuwono, pihaknya tak bisa dalam waktu singkat menangani permasalahan obesitas. Sebab, penanganannya harus dilakukan secara komprehensif, sehingga diketahui penyebab dan upaya menanggulanginya.

"Sekarang memang kita sudah mulai bekerja hari ini menyusun satu tim. Lebih detil penyakit lainnya belum bisa kita sampaikan karena efektifnya baru hari ini. Namun sejak beberapa hari dirawat, pasien mengalami keluhan berat badan sangat berlebih, ia juga mengeluh sesak nafas dan rasa sakit di badan," papar Arto.

Sementara, anggota tim penanganan Sunarti, Hikmat Permana menyebut obesitas bisa menyerang siapa saja. Orang yang mengalami permasalahan kelebihan berat badan akan berdampak pada semua organ tubuh.

"Dan tentu saja kualitas hidupnya berpengaruh. Terutamanya aktivitas yang jadi beban. Untuk itu, RSHS akan membantu seoptimal mungkin beban kesehatan pada pasien tersebut," ujar Hikmat.

Sebelumnya, Sunarti dirujuk ke Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung pada pekan lalu. Perempuan yang menderita obesitas itu mendapat penanganan medis dokter RSHS setelah sempat ditangani di RSUD Karawang.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.