Warga Kota Batu Diimbau Tak Dekat Pohon Saat Hujan Lebat

Oleh Zainul Arifin pada 24 Jan 2019, 09:00 WIB
Warga Kota Batu Diimbau Tak Dekat Pohon Saat Hujan Lebat

Liputan6.com, Batu - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu, Jawa Timur, mengimbau masyarakat lebih waspada jika sedang berada di dekat pohon besar. Itu menyusul pohon bertumbangan di sedikitnya 61 lokasi akibat hujan lebat disertai angin kencang.

Pohon bertumbangan di berbagai titik di Kota Batu itu menyebabkan 3 mobil, 4 warung, 3 rumah dan sejumlah papan reklame rusak tertimpa pohon. Sebagian jaringan listrik dan kabel telekomunikasi juga putus. Selain itu juga terjadi bencana tanah longsor di satu lokasi.

“Listrik sempat padam di sebagian wilayah akibat kabel jaringan putus tertimpa pohon. Tapi sekarang berangsur normal,” kata Supervisor Pusat Pengendalian Operasi BPBD Kota Batu, Ismu Buhana, Rabu, 23 Januari 2019.

Belum bisa dipastikan nilai kerugian materiel akibat bencana ini. Proses pembersihan di sejumlah lokasi masih dilakukan. Fokus penanganan pada pembersihan pohon tumbang yang menutup akses jalan serta serta pemulihan jaringan listrik dan telekomunikasi.

Hujan lebat disertai angin kencang itu terjadi pada Selasa, 22 Januari 2019 lalu. Petugas yang terlibat dalam penanganan bencana ini mulai dari BPBD, dinas terkait, TNI, Polri, PLN, Telkom dan kelompok relawan.

“Masyarakat harus selalu waspada potensi pohon tumbang di sekitarnya. Karena seminggu ke depan diprediksi hujan disertai angin kencang akan terus terjadi,” ujar Ismu Buhana.

BPBD Kota Batu mengimbau masyarakat tak beraktivitas maupun memarkir kendaraan di dekat pohon yang rawan tumbang. Serta segera melapor jika ada pepohonan yang tampak berpotensi roboh agar segera dilakukan pemotongan.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Karangploso, Malang, menyebut hujan lebat diperkirakan terjadi sampai akhir Januari. Curah hujan antara 51 – 150 milimeter dan bahkan bisa mencapai 101 – 200 milimeter bisa terjadi.