Kapal Karam Saat Menyeberangi Sungai Kapuas, 12 Orang Tewas

Oleh Aceng Mukaram pada 22 Jan 2019, 19:00 WIB
Diperbarui 22 Jan 2019, 19:17 WIB
Ilustrasi kapal (iStock)

Liputan6.com, Kapuas Hulu - Kapolres Kapuas Hulu, AKBP Handoyo mengatakan, 12 korban kapal karam penyeberangan di Sungai Kapuas, Kecamatan Semitau, Kapuas Hulu Kalimantan Barat sudah ditemukan dan semua dalam keadaan tewas.

"Jenazah 12 korban sudah ditemukan sehingga seluruh korban kapal karam telah ditemukan," katanya di Putussibau, Kapuas Hulu, Selasa (22/1/2019).

Menurutnya, tim gabungan awalnya pada Senin (21/1) menemukan delapan jenazah di perairan sungai Kapuas Kecamatan Semitau.

Kemudian hari ini, tim gabungan kembali menemukan empat jenazah. Sehingga total 12 korban kapal karam sudah ditemukan semua.

"12 korban kapal karam ditemukan sudah tidak bernyawa," ucapnya dilansir Antara.

Untuk empat jenazah yang baru ditemukan belum diindentifikasi, sedangkan delapan korban sebelumnya sudah diserahkan ke pihak keluarga korban di komplek perkebunan kelapa sawit di daerah setempat.

Peristiwa kapal motor karam terjadi pukul 20.00 WIB, Sabtu (9/1), di Sungai Kapuas, kapal motor tersebut bermuatan sembilan unit sepeda motor dan 24 penumpang.

Kapal Motor tenggelam saat menyeberangi Sungai Kapuas di Desa Nanga Seberuang, Kecamatan Semitau, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimamtan Barat.

Kapal motor nahas itu menyeberang dari Dermaga PT.Berlian Estate menuju penyeberangan Dermaga PT.SJRE dengan membawa 24 orang penumpang dan 9 (sembilan ) motor roda 2 (dua). Akan tetapi sekitar sepuluh meter hendak bersandar di Dermaga SJRE, kapal tersebut karam dan tenggelam.

Saat itu, satu orang korban langsung ditemukan meninggal, 11 orang berhasil menyelamatkan diri dan 12 lainnya hilang.

Saksikan video pilihan berikut ini: