Sukses

Mengerikan, Jalan Penghubung Bireun-Takengon Ambles Puluhan Meter

Menurut Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) Ahmad Dadek, hujan dengan intesitas tinggi yang berdurasi 5 jam lebih diduga kuat yang menyebabkan jalan ambles.

Liputan6.com, Aceh - Jalan lintas nasional yang menjadi penghubung Kabupaten Bireun dengan Takengon, Provinsi Aceh, ambles, Minggu, 20 Januari 2019. Lalu lintas di jalan tersebut terpaksa dialihkan ke jalur lain.

Jalan tersebut amblas akibat hujan lebat sehingga tanah tergerus dan menyebabkan tanah longsor. Lokasi jalan ambles berada di Desa Jamur Ujung, Kecamatan Wih Pisam, Kabupaten Bener Meriah.

Menurut Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) Ahmad Dadek, hujan dengan intesitas tinggi yang berdurasi 5 jam lebih diduga kuat yang menyebabkan jalan ambles.

Kemungkinan, kondisi tanah di kilometer 85 itu lunak sehingga mudah tergerus ketika ditimpa hujan.

"Akibat tanah longsor tersebut menyebabkan badan jalan putus total yang berdampak kendaraan tidak dapat melintas baik roda empat dan roda dua," sebut Dadek kepada Liputan6.com, Minggu, 20 Januari 2019, malam.

Beruntung, saat kejadian tidak ada kendaraan yang melintas. Biasanya, jalur tersebut padat kendaraan karena menjadi akses utama yang menjadi penghubung antar kabupaten.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bener Meriah sudah menuju ke lokasi untuk melakukan pengecekan. Selain itu, diambil keputusan mengalihkan lalu lintas ke jalur lain karena jalan putus total.

"BPBD Kabupaten Bener Meriah telah turun kelapangan untuk memeriksa kontur tanah yang longsor," ujar Dadek.

Hingga saat ini, aktivitas lalu lintas di jalur tersebut masih dihentikan untuk sementara waktu. Sebagai catatan, [jalan ambles](jalan ambles "") sekitar pukul 14.33 WIB.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.