Sukses

Akses Jalan Magelang - Purworejo Sudah Bisa Dilewati Usai Diterjang Longsor

Kepala Badan SAR Kabupaten Magelang Heri Prawoto menjelaskan tidak ditemukan korban jiwa dalam peristiwa itu. Pembersihan material longsor masih dilakukan untuk memberi kenyamanan pengguna jalan.

Liputan6.com, Magelang - Jalan Purworejo - Magelang yang sempat ditutup material longsor sekitar 25 meter, kini sudah bisa dilalui di dua arah.

Kepala Badan SAR Kabupaten Magelang Heri Prawoto menjelaskan tidak ditemukan korban jiwa dalam peristiwa itu. Pembersihan material longsor masih dilakukan untuk memberi kenyamanan pengguna jalan.

"Sudah bisa tembus sekarang jalan Magelang Purworejo, tinggal pembersihan pakai semprot air," katanya Sabtu, (18/1/2019).

Menurut Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Magelang Edy Susanto di Magelang, Jumat (18/1/2019), longsor terjadi pada Jumat dinihari. Penyebabnya hujan dengan intensitas yang sangat tinggi.

"Kejadian longsor dipicu oleh hujan yang terjadi sejak Kamis (17/1/2019) sore dan saat ini di lokasi juga masih gerimis," katanya.

Ia menuturkan dengan adanya longsor tersebut akses Magelang-Purworejo tertutup total dan tidak ada jalan alternatif.

"Kami sudah berkoordinasi dengan kepolisian agar arus kendaraan yang akan melewati jalur tersebut dialihkan agar tidak terjadi penumpukan arus kendaraan di lokasi longsor," katanya.

Hujan yang turun sejak Kamis, 17 Januari 2019 juga mengakibatkan tanah longsor di Dusun Gejiwan, Desa Krasak, Kecamatan Salaman di dua titik. Material longsor menutup akses jalan ke Dusun Gejiwan

Ia menyampaikan tanah longsor juga terjadi di Dusun Krambetan, Desa Jogomulyo, Kecamatan Tempuran mengakibatkan satu rumah terdampak longsor. Selain itu, terjadi longsor di Dusun Kebonagung Wetan, Desa Jogomulyo, Kecamatan Tempuran mengakibatkan akses jalan di dusun tersebut tertutup longsoran.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.