Sukses

Upaya Mengurai Kemacetan Jalur Nagreg hingga Tanjakan Gentong

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil atau Kang Emil yang ikut dalam rombongan Presiden Jokowi mengatakan, pembangunan jalan Tol Cigatas merupakan hadiah terindah dari Presiden Jokowi di awal tahun.

Liputan6.com, Garut - Jika tidak ada aral melintang, mulai tahun ini masyarakat Garut dan Tasikmalaya, Jawa Barat, bakal segera memiliki jalan tol baru di wilayah mereka. Tol Cigatas atau Cileunyi, Garut dan Tasikmalaya, demikian nama jalan bebas hambatan tersebut.

Upaya itu akhirnya ditempuh pemerintah, untuk mengurai kemacetan sepanjang Nagreg, Limbangan, dan Tanjakan Gentong, Tasikmalaya, Jawa Barat, yang terkenal sebagai gudangnya macet di wilayah Jabar selatan.

Presiden Joko Widodo dalam sambutannya telah mengintruksikan pembangunan jalan Tol Cigatas mulai tahun ini.

"Sudah saya putuskan tahun ini bangun jalan Tol Cigatas. Ini dipersembahkan untuk masyarakat Garut dan Tasikmalaya yang saya cintai," ujar Jokowi selepas Jumatan di Masjid Agung, Alun-Alun Cibatu, Garut, Jumat (18/1/2019).

Pembangunan tol bagi masyarakat Jabar selatan sudah lama dinanti. Selama ini, jalur darat sepanjang Nagreg kabupaten Bandung, hingga Tanjakan Gentong, Ciawi, yang berada di Kabupaten Tasikmaya kerap dikeluhkan warga, akibat banyaknya titik kemacetan.

"Jadi, jangan ada lagi suara masuk ke saya pak gubernur macet, sudah ada penetapan lokasi, tapi saya pastikan tahun ini dimulai," ujar mantan Gubernur Jakarta itu.

Pembangunan Tol Cigatas tengah memasuki proses tender, sehingga diharapkan dalam waktu dekat, segera mendapatkan pemenangnya. "Tinggal tunggu pemenang lelang, sudah langsung mulai," katanya

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil atau Kang Emil yang ikut dalam rombongan Presiden Jokowi mengatakan, pembangunan jalan Tol Cigatas merupakan hadiah terindah dari Presiden Jokowi di awal tahun.

"Beliau ini sangat menghargai aspirasi masyarakat Garut dan Tasik," ujarnya di lokasi yang sama.

Saat ini progres pembangunan jalan tol Cigatas tengah dalam proses pembayaran ganti rugi tanah warga, dan diharapkan kelar dalam waktu dekat. "Sekali lagi ini benar-benar hadiah dari Pak Jokowi buat warga Garut - Tasik," ujar Kang Emil.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.