Sukses

3 Musibah Pilu Terjadi dalam Satu Malam di Aceh

Tiga musibah pilu terjadi hampir bersamaan di Kabupaten Aceh Tenggara, Selasa malam (15/1/2019).

Liputan6.com, Aceh - Tiga musibah pilu terjadi hampir bersamaan di Kabupaten Aceh Tenggara, Selasa malam (15/1/2019). Tiga kecamatan dilanda banjir, dan satu kecamatan dilanda longsor. Dua peristiwa yang membuat warga panik ini, diakibatkan intensitas hujan sedang dan tinggi.

Kecamatan yang dilanda banjir yakni, Badar, Babussalam, dan Bambel. Secara runtut, desa yang terendam banjir di tiga kecamatan tersebut, yakni Natam Lama, Gumpang Jaya, dan Bambel.

Sementara itu, longsor terjadi di Kecamatan Ketambe. Hujan deras mengakibatkan material tanah melebur dan menyebabkan longsor di sejumlah titik.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) Ahmad Dadek mengatakan, saat ini, pihaknya tengah mendata jumlah material, pengungsi, hingga kemungkinan adanya korban jiwa yang terdampak akibat dua peristiwa tersebut.

"Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Tenggara sedang melakukan kaji cepat dan berkoordinasi dengan pihak terkait untuk tindakan selanjutnya," kata Dadek kepada Liputan6.com, Rabu (16/1/2019).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Teplok Pembawa Bala

Selain longsor, terjadi kebakaran di Kecamatan Ketambe. Peristiwa ini menyebabkan enam rumah milik warga di Desa Datuk Pinding, hangus.

Usut punya usut, peristiwa yang menyebabkan dua warga mengalami luka bakar serius ini, disebabkan lampu teplok. Api diduga berasal dari salah satu rumah yang menggunakan alat penerangan tradisional itu.

Jumlah keseluruhan korban terdampak akibat peristiwa ini sebanyak tujuh orang. Dua orang yang mengalami luka bakar serius dari kepala hingga kaki, yakni, J (48), dan H (28).

Tiga musibuh pilu itu terjadi pada waktu yang hampir bersamaan, yakni sekitar pukul 21.00 WIB. Petugas BPBD Kabupaten Aceh Tenggara terus memutakhirkan data terkait ketiga peristiwa ini.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.