Sukses

Detik-Detik Penurunan Paksa Pesawat Ethiopian Airlines di Langit Batam

Pesawat Ethiopian Cargo yang terbang dari Addis Ababa, Ethiopia dengan tujuan Hong Kong itu memasuki wilayah kedaulatan udara yurisdiksi Indonesia tanpa dilengkapi Flight Clearance (FC) atau izin penerbangan.

Batam - Pesawat Ethiopian Cargo dipaksa mendarat oleh dua jet tempur F-16 Fighting Falcon milik TNI Angkatan Udara di Bandara Hang Nadim Batam pada Senin, 14 Januari 2019.

Bukan tanpa alasan pesawat udara TNI itu memaksa pesawat asing tersebut mendarat. Sejumlah prosedur dan langkah sesuai aturan di Republik Indonesia sudah dijalankan.

Komandan Pangkalan Udara (Danlanud) Raja Haji Fisabilillah (Rhf) Tanjung Pinang Kolonel Penerbang Elistar Silaen menyebutkan pesawat Ethiopian Cargo yang terbang dari Addis Ababa, Ethiopia dengan tujuan Hong Kong itu memasuki wilayah kedaulatan udara yurisdiksi Indonesia tanpa dilengkapi Flight Clearance (FC) atau izin penerbangan.

"Saat dihubungi oleh otoritas navigasi udara Indonesia (AirNav) melalui komunikasi radio, pesawat kargo itu tidak bisa menyebutkan izin atau FC," kata Silaen kepada Batamnews.co.id.

Karena tidak merespons pertanyaan, Komando Pertahanan Udara Nasional (Kohanudnas) kemudian mengambil sikap.

Dua pesawat tempur F16 dari Skadron Udara 16 Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru lalu diperintahkan untuk melakukan identifikasi visual dan penyergapan.

Pesawat tempur F-16 dengan callsign Rydder Flight yang diawaki oleh Kapten Pnb Barika (TS-1627) dan Kapten Pnb Anang (TS-1633) akhirnya berhasil melakukan kontak visual dengan B777 ET-AVN.

"Kita melakukan komunikasi pada frekuensi darurat serta memaksa pilotnya untuk mendaratkan pesawatnya di pukul 09.33 WIB," kata dia.

Dengan pengawalan dua pesawat tempur inilah, pesawat Ethiopian Cargo kemudian dipaksa mendarat di Bandara Hang Nadim, Batam.

Baca berita menarik lainnya dari Batamnews.co.id

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Daftar Kru Ethiopian Cargo

Jet tempur F-16 milik TNI Angkatan Udara memaksa pesawat Ethiopian Cargo mendarat di Bandara Hang Nadim, Senin (14/1/2019) sekira pukul 9.32 WIB.

Angkutan kargo udara tersebut dipaksa mendarat oleh dua pesawat tempur yang berbasis di Skadron Udara 16 Roesmin Noerjadin Pekanbaru, diduga karena melanggar batas teritorial.

Dari informasi, disebut ada enam kru termasuk pilot yang berada di dalam pesawat tujuan Hong Kong itu. Berikut lima nama dari enam kru pesawat Ethiopian Cargo ETH3728 yang diperoleh Batamnews.co.id,

1. Fitsum Seleshi Belachew, umur 27 tahun berpaspor Ethiopia

2. Teklu Melese Zurgi, umur 29 tahun berpaspor Ethiopia

3. Tekalign Serbesa Dabi, umur 32 tahun berpaspor Ethiopia

4. Abraham Melese Tegegne, umur 26 tahun berpaspor Ethiopia

5. John Richard Bexfield, umur 58 tahun berpaspor Kanada

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.