Sukses

Cerita Nenek Ju Selamat dari Terjangan Puting Beliung di Jember

Bu Saleh alias Nenek Ju menceritakan detik-detik saat angin puting beliung datang dan menerjang rumahnya.

Liputan6.com, Jember - Hujan deras disertai angin puting beliung melanda Jember, Jawa Timur. Puluhan rumah rusak berat tertimpa pohon tumbang. Tak hanya itu, musala dan 3 gudang pengeringan tembakau milik PTPN X juga porak-poranda.

Bu Saleh alias Nenek Ju (70) warga Sumbersari yang rumahnya hancur, hampir menjadi korban. Nenek Ju berhasil menyelamatkan diri saat angin kencang menerjang rumahnya. Dia bersembunyi di bawah meja.

"Alhamdulillah saya selamat, karena langsung berlindung di kolong meja," ujar nenek yang kesehariannya berjualan kue itu, Senin (14/1/2019).

Nenek Ju menceritakan, sore itu seperti biasa dirinya membuat kue lapis dan apem, untuk dijual di hari Senin. Sementara di luar rumah hujan deras disertai dengan angin puting beliung datang. Tiba-tiba rumahnya ambruk tertimpa sesuatu.

"Rumah korban Ambruk, tertimpa 2 barungan bambu (rumpun bambu) di belakang rumah korban," kata Kapolsek Sumbersari, Kompol Faruq Mustafa Kamil kepada Liputan6.com.

Ia menjelaskan Minggu malam, pihaknya langsung mendatangi TKP, membantu evakuasi rumah korban. Tidak ada korban jiwa atau terluka, rumah korban, hancur rata dengan tanah. Karena itu, Senin pagi langsung melakukan kerja bakti bersama anggota Polri, TNI, pihak kecamatan dan warga kelurahan setempat. Dilanjutkan dengan memberikan bantuan sembako.

Hujan deras dan angin puting beliung terjadi di beberapa tempat di sejumlah kecamatan di kabupaten Jember, di antaranya Desa Gugut Kecamatan Rambipuji.

"Tiga Gudang tembakau milik PTPN 10 Dan 6 rumah milik warga roboh dan rusak berat, akibat tertimpa pohon tumbang," kata Kapolsek Rambipuji, AKP Sutarjo.

Kata Sutarjo, hujan deras di wilayah Desa Gugut, terjadi sekitar jam 16.30 WIB, Minggu sore. Tiba-tiba datang angin kencang dan menumbangkan sejumlah pohon. Peristiwa itu menimbulkan kepanikan, sehingga warga keluar rumah untuk menyelamatkan diri.

Pantauan Liputan6.com, hujan dengan instensitas tinggi dan angin puting beliung, juga menimpa sejumlah kecamatan di kawasan Kota Jember, di Jalan Gajah Mada Kaliwates, sebuah mobil honda Brio merah, tertimpa pohon saat melintas di Jalan Gajah Mada. Pohon tumbang menimpa rumah juga terjadi di wilayah kecamatan Patrang.

Pohon tumbang juga menimpa rumah warga di Dusun Pasar Alas Desa Garahan. Sementara sehari sebelumnya, angin puting beliung juga menerjang di Kecamatan Tempurejo, Ambulu serta Kawasan Gunung Gumitir Desa Sidomulyo Kecamatan Silo, yang menyebabkan jalur yang menghubungkan Jember-Banyuwangi macet sekitar tiga jam, dengan antrean kendaraan mencapai 4 kilometer.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.