Mengenal Galunggung, Kereta untuk Pulang-Pergi Tasik-Kiaracondong

Oleh Jayadi Supriadin pada 13 Jan 2019, 22:05 WIB
Komunitas Sepeda Bandung tengah menikmati Touring sepeda ria bersama PT KAI Daop 2 Bandung di Jembatan Cirahong, Tasikmalaya

Liputan6.com, Tasikmalaya - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop Bandung, Jawa Barat terus bergerilya mempromosikan KA Galunggung tujuan baru, Kiaracondong- Tasikmalaya (PP).  

Direktur Keuangan PT KAI Didiek Hartantyo mengatakan, sejak dipromosikan menjelang berakhirnya tahun 2018 lalu, lembaganya terus promosi ke masyarakat, khususnya di wilayah Jawa Barat bagian selatan agar menggunakan moda transportasi kereta.

Salah satunya menggandeng komunitas sepeda lipat di Bandung untuk touring dan menumpang gerbong kereta ke wilayah Tasikmalaya dan sebaliknya lewat kegiatan Rail Bike with Galunggung Train bertema Relax Fun and Healty.

"Ada kelompok Brokokok, Brompjon, Selb, Cepot Lipet Bandung, Hijabstorybike, dan Seli:isme serta diikuti pegawai KAI yang hobi bersepeda," ujarnya di Stasiun Tasikmalaya, Sabtu (13/1/2019).

Selama di kota Tasikmalaya, seratusan peserta menjelajahi rute cukup menantang, mulai dari Stasiun Tasikmalaya, kemudian di arahkan ke sekitar Mesjid bersejarah Manonjaya, lanjut ke jembatan ikonik KAI yakni, Jembatan Cirahong yang melintasi perbatasan Kabupaten Tasikmalaya dan Kabupaten Ciamis itu.

"Kami pun melanjutkan ke Taman Wisata Karang Resik berada di Kota Tasikmalaya untuk menikmati lokasi tersebut," papar dia. 

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan Sharing Session dengan topik Pesepeda Berkereta. Para direksi PT KAI memberikan penjelasan mengenai kemudahan akses jurusan baru, termasuk mendengar masukan dari pengiat sepeda agar tertarik menggunakan jasa kereta.

"Selama ini PT KAI telah memiliki aturan untuk bagasi, yang dapat langsung dibawa ke dalam KA tanpa dikenakan biaya tambahan," ujarnya menambahkan.

Sejak 26 Desember 2018 lalu, PT KAI Daop 2 Bandung resmi meluncurkan jurusan baru Tasikmalaya-Kiaracondong (PP). Menggunakan nama rangkaian gerbong kereta, Galunggung, kereta itu melayani masyarakat umum secara optimal.

Rangkaian gerbong kereta api Galunggung dari Stasiun Kiaracondong akan beroperasi setiap hari mulai pukul 06.05 pagi dan tiba di Tasikmalaya pukul 09.25, sedangkan rute sebaliknya dari Tasikmalaya ke Bandung, dimulai pada pukul 10.35 dan tiba sekitar pukul 14.11 WIB.

Total sebanyak delapan stasiun akan dilewati kereta saat perjalanan dari Bandung menuju Tasikmalaya. Rinciannya adalah Stasiun Cimekar, Rancaekek, Cicalengka, Nagreg, Leles, Cibatu, Cipeundeuy, dan Ciawi. 

Sedangkan perjalanan kereta dari arah Tasikmalaya menuju Bandung, rangkaian gerbong kereta api Galunggung akan melewati tujuh stasiun, yakni Stasiun Rajapolah, Ciawi, Cipeundeuy, Cibatu, Leles, Cicalengka, dan Rancaekek.

Saksikan video pilihan berikut ini: