Pagi Santai Bersama Keluarga di Hutan Kota Joyo Boyo

Oleh Dian Kurniawan pada 06 Jan 2019, 06:06 WIB
Pagi Santai di Hutan Kota Joyo Boyo

Liputan6.com, Surabaya - Revitalisasi tahap kedua Taman Hutan Joyo Boyo Kota Kediri Jawa Timur, baru saja selesai pengerjaanya di pengujung tahun 2018 kemarin. Dinas Lingkungan Hidup dan Pertamanan (DLHKP) Kota Kediri telah menganggarkan alokasi dana sebesar 3,2 Miliar.

Dengan penambahan anggaran sebesar itu, ruang terbuka hijau taman Hutan kota Joyo Boyo semakin terlihat elok nan asri. Dikelilingi pohon besar tinggi menjulang serta wahana bermain sarat edukasi dapat ditemui disana. 

Penambahan wahana bermain diantaranya Sky Bridge, Teras Pohon, Play Ground, Balok Titian, serta sarana fisik untuk edukasi tempat pengomposan Sculpture (Patung panji galuh).

Untuk menambah suasana keceriaan pada malam hari, pihak pengelola menempatkan lampu warna warni di beberapa titik. Revitalisasi Taman Hutan Joyo Boyo pengerjaanya dimulai sejak tgl 21 Agustus hingga 23 Desember 2018 lalu. 

"Tahap 2, mulai 21 Agustus sampai dengan 23 Desember 2018. Yang dibangun tahap kedua, Sky Bridge, Teras Pohon, Play Ground, Balok Titian, Pengomposan, Pergola, dan Sculpture (Patung panji galuh) kontrak 3,2 miliar rupiah," tutur Apip permana Kabag Humas Pemkot Kediri, Sabtu (5/1/2019).

Meski momen libur panjang Natal dan Tahun Baru telah lewat, masih banyak warga yang berdatangan di Hutan Kota Joyo Boyo.

Pengunjung yang datang tidak hanya dari Kota Kediri, melainkan dari daerah lain seperti Nganjuk, Tulunganggung, Blitar dan Kabupaten Kediri. 

Lisa (45) warga Kecamatan Kandangan Kabupaten Kediri mengaku sengaja datang ke Hutan Kota Joyo Boyo bersama anaknya untuk bermain. "Ajak anak bermain disini, sekalian refresing lihat pepohonan yang tinggi," ucap Lisa.

2 of 2

Santai Melepas Lelah

Pagi Santai di Hutan Kota Joyo Boyo
Pagi Santai di Hutan Kota Joyo Boyo (Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Selain arena bermain dan berswafoto, hutan Joyo Boyo banyak dimanfaatkan pengunjung untuk beristirahat melepas lelah setelah seharian penuh berkutat dengan rutinitas sehari - hari.

"Habis kerja, datang kesini lihat pemandangan hutan capeknya serasa hilang," ucap Budi warga Kelurahan Bandar Lor Kota Kediri.

Untuk datang ke lokasi, pengunjung tidak ditarik biaya sepeser pun. Hanya membayar restribusi tiket parkir untuk kendaraan Rp 2 ribu. Ruang terbuka Hijau Taman Hutan Kota Joyo Boyo bercokol diatas lahan seluas kurang lebih 2,6 hektar.

Lokasi hutan Joyo Boyo terpaut hanya beberapa meter dari jalan raya, persisnya di depan stadion Brawijaya Kediri. Struktur tanah di hutan Joyo Boyo sangatlah subur sehingga tumbuh banyak pepohonan.

Di lokasi juga masih bercokol bangunanan lama milik PDAM Kota Kediri. Revitalisasi yang dilakukan oleh pihak pengembang tidak menghilangkan sejumlah bangunan tua yang sudah lama bercokol disana, sehingga kesan atristiknya masih tetap terjaga.

Saksikan video pilihan berikut ini: 

Lanjutkan Membaca ↓