Sukses

Bangunan SD di Aceh Ambruk Tertimpa Longsor

Liburan sekolah sebentar lagi usai, bangunan Sekolah Dasar Negeri di Aceh malah ambruk tertimpa longsor.

Liputan6.com, Aceh - Dinding salah satu sekolah dasar di Kabupaten Aceh Tengah, Provinsi Aceh ambruk ditimpa tanah longsor. Beruntung, saat kejadian tidak ada aktivitas belajar mengajar karena peristiwa terjadi pada Minggu malam, (30/12/2018).

Kepala Pelaksana BPBA, Ahmad Dadek menyebut, panjang longsor mencapai dua meter dengan kedalaman hingga 10 meter. SD Negeri 17 yang tertimpa longsor berada di Desa Mas Arba, Kecamatan Pegasing.

Longsor terjadi faktor hujan deras di wilayah dataran tinggi itu dalam beberapa hari ini. Hari ini, pihak terkait baru menuju ke lokasi untuk melakukan penanganan.

"Satu unit ekskavator dari Dinas PUPR dibantu pihak kepolisian, TNI dan masyarakat setempat," sebut Dadek kepada Liputan6.com, Rabu (2/1/2019).

Mendengar kabar tersebut Bupati Aceh Tengah Shabela Abu bakar langsung terjung ke lokasi untuk meninjau langsung kondisi sekolah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perlu Penanganan Sementara

Sebagai catatan, letak SD Negeri 17 Pegasing berada di lokasi terpencil. Sekolah ini hanya memiliki tiga ruang kelas, dan diwacanakan dibangun tiga ruang dan satu gedung kantor di tahun ini, atau paling telat, tahun depan.

"Sudah diintruksikan ke pihak terkait (dinas pendidikan) untuk melakukan penanganan sementara, berhubung tanggal 4 Januari aktivitas belajar sudah kembali dilakukan," kata Kamal.

Pihak terkait yang dimaksud adalah Dinas Pendidikan Aceh Tengah. Saat ini, imbuhnya, pihak terkait tengah melakukan pembersihan material di lokasi longsor.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.