Sukses

Yuk Menikmati Liburan ke Taman Laut Olele

Airnya jernih, terumbu karangnya padat dan terjaga dengan baik. Ini membuktikan bahwa warga sekitar masih peduli dan mengerti potensi kekayaan yang ada di daerah mereka.

Liputan6.com, Gorontalo - Keindahan kekayaan bawah laut Olele mulai diminati para penyelam dari berbagai kalangan. Destinasi wisata olele merupakan wisata bawah laut populer di Gorontalo yang memiliki keunggulan kekayaan alam bawah laut serta keindahan terumbu karang yang memanjakan mata.

Dalam setiap bulannya tidak kurang seribu orang mengunjungi pantai Olele.

Pantauan Liputan6.com, Minggu(30/12/2018), pantai Olele yang berpasir putih sangat dekat dengan permukiman warga. Tapi jarak yang dekat tersebut tidak membuat perairan di sekitarnya tercemar.

Airnya jernih, terumbu karangnya padat dan terjaga dengan baik. Ini membuktikan bahwa warga sekitar masih peduli dan mengerti potensi kekayaan yang ada di daerah mereka.

Karang yang warna-warni dengan bentuk beragam menyambut siapapun yang menceburkan diri ke perairan Taman Laut Olele. Di kedalaman dua meter, hamparan koral terlihat jelas. Perairan disini cukup tenang karena berada di sebuah teluk, yakni Teluk Tomini. Jadi aman untuk menyelam sampai dasar atau snorkeling.

Di taman laut ini banyak spot penyelaman dengan karakteristik yang berbeda. Spot itu adalah Jinn Cave, Traffic Circle, Honeycomb, dan Muck Dive. Dan yang menjadi favorit para penyelam adalah Jinn Cave. Di taman laut ini terdapat sponge coral endemik yang tidak ditemukan di perairan manapun.

Bagi para penyelam yang menyukai binatang kecil dan fotografi makro, banyak jenis nudibranchda shrimp yang menggemaskan seperti anemone shrimp, saron shrimp.

Pengunjung, Rian Lagili mengatakan, sangat bangga dengan kekayaan bawah laut Olele yang tidak jauh bedanya dengan taman laut lainnya.

"Kita tidak lagi buang-buang duit untuk datang ke Bunaken Manado dan juga Raja Ampat, hanya berjarak 20 kilometer dari Kota Gorontalo kita sudah bisa menikmati itu," ungkapnya kepada Liputan6.com.

Ia menambahkan, selain nyaman dan cocok untuk keluarga, di pinggir pantai kita dapat menikmati pondok-pondok kecil yang disediakan khusus untuk pengunjung.

Salah satu pengelola taman laut Olele, Sulema mengatakan, setiap hari libur, pengunjung pun meningkat. "Libur natal dan tahun baru memang puncaknya. Banyak juga yang sewa perahu untuk melihat bawah laut sampai harus antri," kata dia.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.