Sukses

Upaya Dewi Harmoni Bangkitkan Wisata Pantai Probolinggo Berbuah Emas

Dewi Harmoni adalah program CSR binaan PT PJB UP Paiton yang berfokus pada pemberdayaan nelayan, istri nelayan, dan ibu-ibu yang tergabung dalam Posyandu dan POKJA 3 PKK.

Liputan6.com, Probolinggo - Melalui program yang tereksekusi dengan baik, Organic Integrated System (OIS) dan Desa Wisata Binor Harmoni (Dewi Harmoni) PT PJB UP Paiton hadir secara langsung dalam kontribusinya memberdayakan masyarakat.

Berbagai penghargaan prestasi diukir di berbagai bidang. Terletak di kawasan Probolinggo, Jawa Timur tepatnya di Jalan Raya Surabaya – Situbondo KM 142, Desa Binor, Kecamatan Paiton, gemerlap lampu berwarna kuning memperlihatkan bangunan-bangunan UP Paiton.

PLTU Paiton 1-2 digadang sebagai PLTU yang handal dalam operasional serta produsen listrik yang berkualitas.

OIS dan Dewi Harmoni adalah dua program andalan CSR PT Pembangkitan Jawa-Bali (PJB) yang didapuk sebagai ujung tombak dalam memberdayakan masyarakat sekitar untuk menambah nilai kebermanfaatan dari eksisteni Unit Pembangkit.

OIS+ sendiri merupakan program pertanian selaras alam dengan tujuan menciptakan kemandirian petani secara intelektual, managerial, dan material. Melalui OIS+, pupuk yang digunakan adalah pupuk organic dan pestisida nabati. PT PJB bersama masyarakat dan kelompok tani telah menerapkan system ini pada lahan seluas 40 Ha di tahun 2018.

Selain itu 10 orang petani telah memiliki sertifikasi fasilitator pertanian organic dari Lembaga Sertfikasi Profesi (LSP) Pertanian Seloliman, Mojokerto.

Sedangkan Dewi Harmoni adalah program CSR binaan PT PJB UP Paiton yang berfokus pada pemberdayaan nelayan, istri nelayan, dan ibu-ibu yang tergabung dalam Posyandu dan POKJA 3 PKK.

Melalui program ini, perusahan, pemerintah Desa, dan berbagai kelompok masyarakat berkolaborasi menjaga laut dan memberikan nilai tambah atas potensi-potensi yang ada di Desa Binor.

PT PJB telah memberikan bantuan perahu fiber sebanyak 28 unit dan pembuatan 200 rumah ikan (rumpon). Selain itu, juga telah ditanam 16300 bibit mangrove dan mengintegrasikan daerah wisata tersebut melalui pembuatan pusat informasi wisata, pelatihan pemandu wisata, serta sertifikasi selam A-1.

Dari upaya tersebut, PT PJB meraih penghargaan tertinggi dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), yaitu PROPER Emas melalui Unit Pembangkitan Paiton 1,2.

Sebelumnya, di tahun 2017 PT PJB merengkuh penghargaan ini dan menjadi Unit Pembangkitan pertama dan satu- satunya yang mendapatkan PROPER Emas di PLN Group.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pengelolaan Lingkungan

Di tahun 2018 ini, PT PJB kembali mendapatkan PROPER Emas untuk kedua kalinya. Acara penganugerahan dilaksanakan di Jakarta, bertempat di Hotel Bidakara Grand Pancoran pada Kamis malam (27/12).

Penyerahan piala PROPER Emas diserahkan langsung Menteri KLHK, Siti Nurbaya kepada Direktur Operasi 1 PT PJB, Sugiyanto.

"PROPER Emas adalah perwujudan dari kesungguhan seluruh insan PJB dalam mengelola pembangkit yang berkomitmen pada pelestarian lingkungan. Walaupun sudah berumur, kami membuktikan kinerja lingkungan dan operasionalnya masih terbaik untuk saat ini," kata Sugiyanto lewat keterangannya, Sabtu (29/12/2018).

Mustofa Abdillah, General Manager PLTU Paiton 1-2 mengatakan, setelah mendapatkan PROPER Emas untuk pertama kali di tahun 2017, kami mengawali tahun 2018 dengan rendah hati agar terhindar dari rasa percaya diri yang berlebihan.

Rendah hati merupakan kependekan dari Rencanakan, Notifikasi, Dalami, Hasilkan, Hadapi dan selalu Terus menerus untuk Intropeksi (recheck).

"Ini menjadi penting agar selalu terjaga komunikasi dan interaksi internal dan eksternal UP Paiton sehingga menjadi motivasi utama untuk lebih bertanggung jawab terhadap lingkungan/masyarakat," ujar Mustofa.

Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan (PROPER) Dalam Pengelolaan Lingkungan telah dikembangkan dan diterapkan oleh KLHK sejak tahun 1995 untuk mengukur kinerja perusahaan dalam pengelolaan lingkungan.

Terdapat 5 kriteria PROPER, yaitu Hitam, Merah, Biru, Hijau, dan Emas. PROPER Emas merupakan peringkat terbaik dimana perusahaan telah menerapkan pengelolaan lingkungan secara menyeluruh dan kontinyu, ditambah dengan Corporate Social Responsibilities (CSR) yang dikelola dengan sangat baik.

PT PJB Unit Pembangkit (UP) Paiton adalah Pembangkit ListrikTenaga Uap (PLTU) dengan bahan bakar batubara. PLTU Paiton 1-2 juga merupakan PLTU dengan tingkat gangguan 1.40% di tahun 2018 yang artinya terbaik se- Jawa Bali.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.