Gelombang Pasang Menerjang, Kawasan Pantai Lumajang Diberi Garis Polisi

Oleh Dian Kurniawan pada 29 Des 2018, 08:01 WIB
Gelombang pasang di pantai Lumajang

Liputan6.com, Lumajang - Gelombang pasang menerjang kawasan wisata pantai TPI di Desa Bulurejo, Kecamatan, Tempursari, Lumajang, Jawa Timur, dan mengakibatkan abrasi. Akibatnya, empat bangunan di lokasi wisata ini roboh, Jumat (28/12/2018).

"Air laut pasang itu sejak Jumat lalu, Mas. Itu tiga warung ikan bakar dan satu musala roboh," kata sekretaris desa setempat, Qomaruddin Sholeh, kepada Liputan6.com di lokasi.

Bahkan, hingga saat ini pengikisan atau abrasi pantai masih terpantau terus bergerak, meski tak sebesar pekan lalu.

"Ya terus gerak abrasinya, Mas. Sampai sekarang mungkin sudah 8 meter lebarnya yang hilang," katanya.

Untuk mengantisipasi korban, pihak pemerintah desa setempat melakukan patroli laut, terutama saat malam hari. Dan aparat kepolisian setempat telah memasang police line agar pengunjung tak mendekati bibir pantai.

Sementara itu, petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mengimbau agar warga dan wisatawan tetap waspada, terutama saat melakukan aktivitas di sekitar pantai.

"Data dari BMKG potensi bencana akibat cuaca buruk di pantai masih sangat tinggi, khususnya di empat lokasi wisata pantai, seperti Wisata Pantai Wotgalih, Wisata Pantai Dampar, Wisata Pantai Bambang, dan Wisata Pantai TPI," ucap Wawan Hadi Siswoyo, Petugas BPBD Lumajang saat dikonfirmasi Liputan6.com.

Saksikan video pilihan berikut ini: