Sukses

Cek Pengalihan Arus Jelang Pergantian Tahun di Cirebon

Jajaran satlantas Polres Cirebon dan Kuningan akan berkoordinasi untuk melakukan pengalihan arus pada malam pergantian tahun

Liputan6.com, Cirebon - Cirebon menjadi salah satu kawasan yang dikunjungi pengunjung saat musim libur, khususnya malam pergantian tahun.

Sejumlah persiapan dilakukan dalam menyambut pengunjung merayakan malam pergantian tahun di Cirebon. Kasatlantas Polres Cirebon AKP Ahmad Troy mengatakan, akan terjadi beberapa pengalihan arus lalu lintas.

"Sudah kami siapkan rekayasa dan pengalihan arusnya," kata Troy Kamis (27/12/2018).

Satlantas Polres Cirebon akan melakukan pengalihan arus lalu lintas pada malam pergantian tahun, khususnya arus menuju ke lokasi wisata. Satu lokasi wisata yang diprediksi paling banyak dikunjungi yakni wilayah Gronggong, Kabupaten Cirebon.

Kawasan wisata Gronggong terletak di daerah perbukitan dengan kondisi udara yang sejuk. Kawasan tersebut menjadi perlintasan utama dari Cirebon menuju Kabupaten Kuningan Jawa Barat.

"Selalu ramai tiap libur akhir pekan juga ramai bahkan macet karena jadi perlintasan utama," kata dia.

Dia memprediksi, kawasan wisata Gronggong menjadi lokasi yang banyak dikunjungi masyarakat menghabiskan malam pergantian tahun 2018 ke 2019 ini.

Troy mengatakan, pengalihan arus akan dilakukan mulai 31 Desember 2018 pukul 18.00 Wib hingga 20.00 Wib. Kendaraan yang ingin ke arah Kabupaten Kuningan dilarang melewati jalur Gronggong.

"Kendaraan dialihkan melalui jalur Sumber termasuk yang dari Kota Cirebon yang akan ke Gronggong atau Kuningan," kata dia.

Selanjutnya pada pukul 20.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB kendaraan roda 4 juga dilarang melewati jalur tersebut dan dialihkan menuju jalur alternatif. Pukul 22.00 WIB ke atas, kendaraan roda dua juga dilarang melewati jalur Gronggong.

“Rekayasa lalu lintas ini bisa berubah tergantung situasi dan kondisi di lapangan,” ungkap Troy.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cipali

Sementara itu, arus kendaraan yang melintas di Cipali pada libur Tahun Baru diprediksi terus mengalami peningkatan. Dia mengatakan, peningkatan volume kendaraan yang melintas di Cipali sudah terlihat sejak saat Libur Natal 2018.

"Puncak kendaraan yang melewati tol Cipali pada libur natal dan tahun baru terjadi pada 22 Desember 2018 lalu," kata dia.

Dia menyebutkan, mulai 20 Desember 2018 hingga saat ini, jumlah kendaraan yang melewati pintu Tol Cipali di GT Palimanan mencapai 430 ribu.

Troy mengungkapkan, terjadi kenaikan kendaraan sebanyak 7 persen per harinya dibandingkan libur natal dan tahun baru sebelumnya. Diprediksi arus kendaraan akan kembali meningkat usai tahun baru mendatang.

"Tercatat 78 kendaraan melewati GT Palimanan baik masuk maupun keluar dan sampai saat ini masih kami pantau terus," kata Troy.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.