Sukses

Tanah Bergeser, Akses Menuju Kampung Badui Terputus

Akses menuju Kampung Badui terputus akibat jalannya ambrol diterjang arus sungai.

Liputan6.com, Lebak - Jalan menuju jembatan Kecamatan Cimarga yang merupakan akses menuju Kampung Badui longsor. Tanahnya bergeser akibat tergerus arus air sungai yang deras.

"Itu geser tanahnya. Kalau turapnya sama pondasi (jembatan) masih utuh, ini mau ngecek ke sana. Kena arus hujan yang tinggi, karena itu kan di pinggiran sungai," kata Iti Octavia Jayabaya, Bupati Lebak, melalui sambungan telepon selulernya, Rabu (26/12/2018).

Menurut Iti, ada mobil terperosok ke bawah jembatan karena tanah bergeser. Beruntung, tidak ada korban jiwa di jembatan penghubung Desa Cimarga dengan Desa Cikulur yang menjadi salah satu jalur alternatif menuju perkampungan Badui.

"Sekarang lagi kita angkat mobilnya. Jadi sebetulnya, itu kan jalan singkat, jadi tidak terlalu mengganggu. Itu kita bangun untuk mempersingkat jarak supaya lebih dekat," ucapnya.

Untuk sementara, akses jembatan tidak bisa dilewati. Warga harus memutar sejauh lima kilometer untuk menuju lokasi lainnya, termasuk ke perkampungan Badui.

"Itu kan tadinya jembatan gantung, baru kita bangun 2017, jadi jembatan permanen. Jadi, bukan karena pondasinya," jelasnya.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.