Sukses

Keluarga Miskin Tinggal di Gubuk Reyot Dekat Kuburan Kali Serayu Lubuk Linggau

Potret kemiskinan di Lubuk Linggau ini disoroti pengacara kondang Hotman Paris Hutapea.

Liputan6.com, Jakarta - Potret kemiskinan di Tanah Air kembali tersorot. Kali ini yang menyorotinya adalah seorang pengacara terkenal, Hotman Paris Hutapea. Dia menyebut ada warga dengan kondisi memprihatinkan di Lubuk Linggau.

Dalam akun Instagram milik Hotman Paris, @hotmanparisofficial, hari ini, Selasa (25/12/2018), dia mengunggah sebuah foto yang sungguh memprihatinkan. Foto itu menggambarkan seorang perempuan dengan tiga anak laki-laki dengan rumah reyot sebagai latar. Keempatnya menggunakan pakaian lusuh dan jauh dari kata layak.

Dalam keterangan foto tersebut, Hotman Paris membubuhkan kalimat sentilan kepada Pemerintah Kota Lubuk Linggau.

"Halo Pak Walikota Lubuk linggau! Ini wargamu yg amat miskin yang tinggal dekat kuburan!! Saat Indonesia sudah merdeka hampir 100 tahun! Lokasi dekat kuburan cina kel megang! Mohon info melalui siapa Hotman bisa kirim beli baju utk anak anaknya?" tulisnya dalam akun tersebut.

Unggahan ini pun menuai banyak komentar dari warganet. Dari yang menyalahkan pemerintah, tidak tersalurkannya dana desa, hingga mencoba mengklarifikasi informasi tersebut. Bahkan, sang wali kota Lubuk Linggau pun ikut berkomentar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tanggapan Sang Wali Kota

Dalam akun Instagram miliknya, Wali Kota Lubuk Linggau Prana Putra Sohe menyebut bahwa sebelum foto tersebut viral, pihaknya sudah melakukan upaya mengatasi kemiskinan di wilayah itu, termasuk terhadap keluarga miskin yang hidup di dekat kuburan China Kali Serayu.

"Menjawab dan Menanggapi Informasi Dari Masyarakat Yang Masuk Melalui Akun Media Sosial Kami, Bahwa Pemkot Lubuklinggau Melalui Dinas Sosial Telah Mendata dan Menindaklanjuti Salah Seorang Warga di Kali Serayu Yang Katanya Tidak Mendapatkan Program Bantuan Bedah Rumah dll. Bahwa Jauh Sebelum Berita Ini Viral, Pemkot Lubuklinggau Melalui Dinsos Telah Terjun Ke Lapangan Melalui TKSK dan Pihak Kelurahan Kali Serayu, Hanya Saja Kami Memang Tidak Memposting dan Memberitakannya Secara Berlebihan," tulis Prana dalam akun Instagramnya, lima hari lalu.

"Bagi Masyarakat Yang Peduli Silahkan Membantu dan Bagi Yang Ingin Tahu Bagaimana Perkembangan Dari Proses Program Bantuan Pemkot Tersebut Silahkan Mendatangi Dinas Sosial Kota Lubuklinggau. Demikian, Semoga Bermanfaat dan Tetaplah Bijak Dalam Bersosial Media. #lubuklinggau#linggaubisa," dia menambahkan.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.