Sukses

Ridwan Kamil Jamin Keamanan Perayaan Natal di Jawa Barat

Ridwan Kamil meminta kepada umat Kristiani agar memanjatkan doa khusus bagi masyarakat di Banten dan Lampung yang menjadi korban tsunami Selat Sunda.

Liputan6.com, Bandung - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menjamin keamanan pelaksanaan Natal 2018 di seluruh gereja yang ada di 27 kabupaten dan kota. Sampai saat ini, kata Ridwab Kamil, pelaksanaan Natal 2018 diklaim berlangsung aman tanpa ada gangguan keamanan.

Agar pelaksanaan Natal tetap kondusif, kata Ridwan Kamil, dibutuhkan partisipasi masyarakat untuk turut serta menjaga keamanan. Jika terjadi gejala gangguan keamanan, diharapkan agar warga segera melaporkannya kepada otoritas berwenang.

"Ya saya bersama Forkopimda, Pak Kapolda, Pa Kasdam mewakili Pangdam dan lain lain, ada Pak Wakil Wali Kota Bandung juga mewakili tingkat dua, berkeliling untuk memastikan pengondisian yang sudah dilakukan oleh aparat," ujar pria yang akrab disapa Emil di Katedral Santo Petrus, Jalan Merdeka, Bandung, Senin, 24 Desember 2018.

"Dan saya monitor sejauh ini lancar tidak ada dinamika dinamika yang tidak dihendaki. Dan kami memberi pesan umat kristiani silakan beribadah seluas luasnya senyaman nyamannya," dia menambahkan.

Ridwan Kamil menuturkan, kedatangannya bersama pimpinan daerah lainnya mengunjungi beberapa gereja bertujuan memberikan rasa aman dan nyaman terhadap umat Kristiani yang melaksanakan malam Misa Natal.

Dalam kunjungannya pada malam Misa Natal di Katedral Santo Petrus, Ridwan Kamil juga meminta kepada umat Kristiani agar memanjatkan doa khusus bagi masyarakat di Banten dan Lampung yang menjadi korban tsunami Selat Sunda.

Selain meminta memanjatkan doa khusus bagi korban tsunami, Kamil mengaku pemerintah provinsi telah menyiapkan bantuan. Bantuan tersebut senilai Rp 2 miliar dalam bentuk uang yang akan disalurkan kepada warga korban tsunami.

Sementara itu Uskup Mgr. Antonius Subianto mengaku merasa terjamin kemanan selama melaksanakan ibadahnya. Apalagi kata Antonius, hal itu telah dibuktikan oleh pemerintah setempat pada tahun sebelumnya.

"Seperti tahun-tahun sebelumnya pelaksanaan Natal di Bandung berlangsung aman, ditambah Bandung telah menyandang sebagai kota ramah HAM," kata Antonius.

Dalam kunjungan misa malam Natal itu, selain mendatangi Katedral Santo Petrus, Ridwan Kamil dan rombongan akan mendatangi empat gereja lain yang menampung ribuan jemaat yang ada di Kota Bandung. 

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.