Dibuka Sementara, Tol Sei Rampah - Tebing Tinggi Gratis Saat Natal dan Tahun Baru 2019

Oleh Reza Efendi pada 24 Des 2018, 16:04 WIB
Tol Sei Rampah-Tebing Tinggi Gratis Saat Natal dan Tahun Baru 2019

Liputan6.com, Medan - Dalam rangka memudahkan masyarakat untuk mudik saat momentum libur Natal 2018 dan Tahun Baru 2019, Jalan Tol Sei Rampah-Tebing Tinggi dibuka sementara.

Direktur Utama PT Jasa Marga Kualanamu Tol, Agus Suharjanto mengatakan, pembukaan sementara Jalan Tol Sei Rampah-Tebing Tinggi dilakukan mulai 24 Desember 2018 hingga 2 Januari 2019.

"Hari ini Tol Sei Rampah-Tebing Tinggi dibuka sementara sampai 2 Januari 2019. Setelah itu ditutup kembali untuk persiapan uji laik," kata Agus, Senin (24/12/2018).

Selama masa fungsional sementara, pengendara yang melintas tidak dikenakan tarif alias gratis. Namun, tarif hanya dikenakan dari Rampah ke Medan juga sebaliknya, atau dengan tujuan pintu keluar lain, selain Sei Rampah-Tebing Tinggi dan sebaliknya.

"Difungsionalkan sekarang untuk membantu kelancaran lalu lintas masyarakat saat mudik Natal dan Tahun Baru," jelas Agus.

Untuk diketahui, ruas Tol Sei Rampah-Tebing Tinggi sepanjang 9,33 kilometer. Sedangkan, total panjang Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi (MKTT) sekitar 61,7 Kilometer.

Pembangunan jalan tol Sei Rampah-Tebing Tinggi sempat terkendala pembebasan lahan. Tol tersebut akan dibuka secara resmi setelah lulus uji laik pada Januari 2019.

Jalan Tol MKTT pengusahaannya dilakukan oBadan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Jasa Marga Kualanamu Tol dengan nilai investasi mencapai Rp 4,9 triliun.

Sebagian konstruksi Tol MKTT dibangun menggunakan APBN, sebagai dukungan pemerintah meningkatkan kelayakan finansial.

 

Simak video pilihan berikut ini: