Sukses

Menunggu Pagi di Kaki Gunung Wilis Sambil Seruput Kopi Putri

Di Dusun Besuki Desa Jugo, terdapat dua lokasi objek wisata air terjun. Di antaranya air terjun Irenggolo dan air terjun Dolo.

Liputan6.com, Kediri - Matahari sepertinya masih malu menampakkan diri. Bersamaan itu, justru kabut mulai turun menutupi area perbukitan lereng Gunung Wilis, tepatnya di Dusun Besuki Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri. Hawa sejuk dan dingin seolah sia-sia menanti hangatnya daya matahari yang tak juga kunjung muncul.

Menunggu pagi, di Dusun Besuki Desa Jugo terdapat dua lokasi objek wisata air terjun, yakni air terjun Irenggolo dan air terjun Dolo.

Karena berada di area objek wisata warung-warung kopi pun menjamur. Warung-warung ini menjajakan aneka makanan dan minuman khas. Salah satunya adalah minuman khas kopi lereng Gunung Wilis.

"Pahit campur manis rasanya khas jika dibandingkan kopi daerah lain," tutur Kapolresta Kediri AKBP Anthon Haryadi Sabtu (22/12/2018), saat ditemui di sela sela acara Cangkrukan Kamtibmas.

Satu cangkir kopi putri wilis dijual seharga Rp 4 ribu. Kopi puteri wilis dihidangkan dengan seduhan air panas, cukup untuk menjadi penghangat bagi tubuh di saat cuaca dingin seperti sekarang.

Mijatun, pelayan salah satu warung di Dusun Besuki Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, mengaku kopi putri wilis tersebut ia beli langsung dari petani kopi yang ada di lereng kaki Gunung Wilis.

Kopi itu dibelinya masih dalam bentuk bijian kemasan plastik seharga Rp 35 ribu. Sebelum diseduh, biji kopi terlebih dahulu harus ditumbuk hingga halus.

"Kopi putri wilis sudah lama saya jual, ya sejak turun-temurun, Mas. Kalau disini memang khasnya," kata Mijatun.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kopi Putri Wilis

Hawa pegunungan yang terasa dingin, terkadang acap kali membuat lapar. Tidak perlu repot membawa bekal makanan, karena setiap warung yang ada di situ selalu menjual makanan.

Makanan khas yang dijual adalah nasi goreng tiwul. Kelezatan nasi tiwul goreng plus telur dapat dibeli seharga Rp 10 ribu.

Pada saat momen liburan seperti sekarang, untuk lokasi wisata di Desa Besuki Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri jumlah pengunjung selalu meningkat.

Peningkatan jumlah pengunjung dibarengi dengan naiknya harga restribusi tiket masuk. Jika hari biasa tiket masuk dipatok harga Rp 5 ribu, pada momen liburan berubah menjadi Rp 7 ribu.

Akses jalan menuju Dusun Besuki, Desa Jogo, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri, menanjak dikelilingi perbukitan dan hutan. Sepanjang jalan yang dilalui, apabila berkendara hendaknya lebih berhati-hati, terutama pada musim penghujan dikarenakan adanya kabut.

Kecamatan Mojo terletak diujung sebelah barat daya Ibu Kota Kabupaten Kediri, dengan luas wilayah 103,29 km2. Ini merupakan kecamatan terluas kedua setelah Kecamatan Kepung yang terdiri dari 20 desa.

Topografi yang berbukit-bukit membuat sejumlah desa terletak di dataran tinggi yang berbatasan dan di dalam kawasan hutan. Batas wilayahnya sebelah barat Gunung Wilis. 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.