Sukses

Ucapan Belasungkawa Sultan Kasepuhan Cirebon untuk Korban Tsunami Banten

Sultan Keraton Kasepuhan Cirebon PRA Arief Natadiningrat mengimbau agar masyarakat selalu waspada bencana di tengah intensitas hujan yang tinggi.

Liputan6.com, Cirebon - Gelombang Tsunami yang terjadi di Pantai Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Banten, membuat masyarakat panik dan berlarian menyelamatkan diri.

Tsunami yang menerjang wilayah Banten pada Sabtu, 22 Desember 2018 malam tersebut mengakibatkan ratusan orang terluka dan puluhan lainnya meninggal dunia.

Sultan Keraton Kasepuhan Cirebon PRA Arief Natadiningrat mengatakan, bencana yang terjadi di Banten dan Lampung tersebut membuat rasa duka mendalam.

"Biasanya tsunami diawali gempa dulu, tapi di Banten tanpa diikuti gempa yang besar," kata Arief saat mengikuti kegiatan Tour D'Kraton di Alun-alun Keraton Kasepuhan Kota Cirebon, Minggu (23/12/2018).

Arief pun mengucapkan belasungkawa dan duka yang mendalam atas peristiwa tsunami di Banten dan Lampung. Secara historis, Banten merupakan saudara dari Cirebon.

Dia berharap, tsunami di Banten dan Lampung tidak memakan korban terlalu banyak. Dia juga mengimbau agar pemerintah pusat maupun daerah gencar sosialisasi waspada bencana.

"Khususnya warga yang tinggal di pantau dekat lempengan harus disosialisasikan. Misal di Pantai Selatan Jawa sangat rawan, di Pantai Barat Sumatera, di wilayah Timur juga rawan (tsunami)," kata dia.

Dia menjelaskan, Indonesia merupakan jalur lempengan Asia Pasifik, masuk dalam jalur gunung berapi yang masih aktif. Selain itu, Indonesia memiliki curah hujan yang sangat tinggi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Doa Bersama

Arief memastikan wilayah Cirebon masih terbilang aman dari potensi tsunami. Namun demikian, warga Cirebon tetap harus waspada dan hati-hati di tengah cuaca ekstrem.

"Waspada itu perlu setidaknya agar tidak memakan banyak korban. Saya akan pantau terus perkembangan dan mudah-mudahan bisa ke Banten untuk membantu meringankan korban," kata dia.

Pada kesempatan yang sama, Arief mengajak masyarakat peserta Tour D'Kraton Cirebon (TDK) untuk berempati dan mendokan Banten. Dia mengatakan, dari perjalanan sejarah, Banten masih ada ikatan saudara dengan Cirebon.

"Selain mengajak hidup sehat saya juga meminta peserta Tour D'Kraton berdoa sejenak untuk Banten agar tidak banyak korban," kata dia.

Arief menjelaskan, TDk merupakan event tahunan yang bertujuan mengenalkan potensi wisata, sejarah hingga kuliner Cirebon. Selain itu, TDK merupakan upaya Keraton Kasepuhan yang dikenal beragam.

Menurut dia, untuk mengenalkan Cirebon harus sering menggelar event bernuansa keberagaman. Dia berharap, event TDK ini menjadi bagian dari kegiatan masyarakat yang tak terlupakan sepanjang tahun 2018.

"Peserta TDK dari berbagai macam etnis dan ras, khususnya Cirebon dan sejak dulu kami sudah membaur semua," kata dia.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.