3 Destinasi Wisata di Sumbar Ini Wajib Dikujungi Saat Liburan Akhir Tahun

Oleh Liputan6dotcom pada 21 Des 2018, 07:30 WIB
Diperbarui 08 Jan 2019, 11:03 WIB
Mencari Jati Diri Kampung Korea

Liputan6.com, Sumatera Barat Liburan akhir tahun menjadi momen yang sangat ditunggu masyarakat. Mereka akan  berwisata menghabiskan waktu bersama orang terdekat. Menjadikan Sumatera Barat sebagai tempat berakhir tahun adalah pilihan yang tepat.

Selain kuliner lezat yang dimilikinya, Sumbar juga menyajikan destinasi wisata indah, untuk mengisi liburan akhir tahun.

Dekat dengan alam, dapat menambah pengetahuan serta murah. Tiga lokasi wisata di Sumbar ini cocok dikunjungi saat liburan akhir tahun.

Kampung Korea Lima Puluh Kota

Bagi wisatawan pemburu foto cantik, maka destinasi wisata ini wajib dikunjungi. Berlokasi di Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota Sumatera Barat(Sumbar), empat jam perjalanan dari Kota Padang.

Terlihat sepasang rumah gadang, di tengahnya terdapat pohon besar yang rantingnya telah kering, dikelilingi pasir berwarna putih. Berpandai-pandai memilih angle foto, maka hasil jepretan akan sangat memuaskan.

2 of 3

Mengenal Lebih Dekat Bung Hatta

Rumah Bung Hatta
Rumah masa kecil Bung Hatta di Bukittinggi yang dibangun ulang. (dok. Kemlu.go.id/Dinny Mutiah)

Rumah Kelahiran Bung Hatta Bukittinggi

Tidak ada salahnya, jika liburan akhir tahun diisi dengan berwisata sejarah. Mengenal lebih dekat bapak proklamator Indonesia asal Sumbar, Muhammad Hatta dengan mengunjungi rumah kelahirannya di Bukittinggi.

Berlokasi di jalan Soekarna-Hatta No. 37 Bukittinggi Sumatera Barat, tak jauh dari Pasar Bawah Bukittinggi. Di rumah kelahiran Bung Hatta, pengunjung dapat mengelilingi rumah, melihat ruangan yang biasa digunakan Hatta kecil untuk membaca.

Di sudut kanan ruangan, terdapat lukisan gambar Hatta lengkap dengan kaca mata dan peci nasionalnya. Susunan foto-foto lama tentang perjalanan Hatta sedari kecil turut menghiasi dinding.

Salah seorang siswi SMK asal Riau menuturkan, ia pernah mengunjungi rumah bersejarah tersebut. Baginya, berkunjung ke rumah Bung Hatta dapat meningkatkan rasa nasionalisme.

“Bisa berkunjung ke rumah kelahiran pahlawan itu menyenangkan, lebih dekat dengan Bung Hatta” ujarnya.

 

 

3 of 3

Snorkeling di Pasumpahan

Eloknya Pulau Pasumpahan yang Masih Terjaga Keasliannya
Pulau Pasumpahan berada sekitar 200 meter dari Pulau Sikuai.

Pulau Pasumpahan

Bagi wisatawan pecinta snorkeling dapat melampiaskan hobinya dengan berkunjung ke pulau ini. Selain memiliki hamparan pasir putih, air laut tiga warna, pulau ini juga menyimpan pemandangan bawah laut yang sangat mempesona.

Untuk sampai di pulau ini, dari Kota Padang wisatawan cukup mengikuti petunjuk arah yang terdapat di jalan raya, menuju Kelurahan Sungai Pisang. Dari kelurahan Sungai Pisang, pengunjung dapat menyewa kapal nelayan sekitar, untuk sampai di Pulau Pasumpahan.

Menurut salah seorang yang pernah mengunjungi Pulau Pasumpahan Dina Aulia mengatakan. Pulau ini sangat eksotis, mulai dari perjalanan menuju pulau, semuanya menarik.

“Karena airnya jernih, kita dapat melihat dasar laut dari permukaan,” ujar Dina.

 Saksikan video menarik berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓