Bakpia Belalang Alternatif Kudapan di Gunungkidul Kreasi Mahasiswa UNY

Oleh Switzy Sabandar pada 20 Des 2018, 07:02 WIB
Diperbarui 20 Des 2018, 07:16 WIB
Bakpia Belalang

Liputan6.com, Yogyakarta - Belalang bukan lagi hama. Di tangan sekelompok mahasiswa UNY, belalang bisa menjadi isi bakpia.

Yohana Paramita, Wisnu Listiantoko, Ahmad Arif Aldy, Prasetyo Fitriana Eka Putri, dan Bagus Nursahit mengkreasikan belalang sebagai alternatif isi bakpia. Sebab, selama ini bakpia dikenal hanya berisi kacang hijau, cokelat, keju, dan varian rasa lainnya.

Ide itu muncul ketika mereka melihat belalang digoreng di Gunungkidul. Kudapan itu ternyata dinikmati wisatawan, sehingga mereka mulai menelusuri kandungan gizi di dalam belalang.

Hasilnya, belalang mengandung nutrisi penting seperti, protein, vitamin, asam lemak esensial dan mineral. Selain kadar proteinnya tinggi, belalang juga memiliki beragam jenis mineral, yakni kalsium, magnesium, potassium, sodium, fosfor, zat besi, zinc, mangan, dan tembaga. Kandungan vitaminnya juga beragam mulai dari vitamin A, B, B1, B2, B6, E dan C, asam folat, hingga berbagai jenis asam lemak.

"Belalang juga dapat memenuhi 25 hingga 30 persen kebutuhan vitamin A," ujar Wisnu beberapa waktu lalu.

Cara pembuatan bakpia belalang cukup mudah, yakni membuat kulit dan isi bakpia. Kulit luar terbuat dari tepung, gula, air dan garam yang dicampur dan dipipihkan, sedangkan kulit dalam terbuat dari campuran tepung dan margarin kemudian dipipihkan. Bahan yang dibutuhkan, meliputi, gula, garam, cabai, rempah-rempah, minyak sayur, dan mentega.

Untuk isi bakpia, pembuatannya dimulai dengan membersihkan belalang dari kotoran, dicuci, dan tiriskan. Masukkan belalang ke dalam panci kemudian direbus dengan bumbu dan air. Setelah direbus, belalang digoreng dan diblender kasar, campur dengan bumbu varian rasa.

"Setelah dicampur dengan tepung jadilah isi bakpia," ujar Arif.

Isi bakpia ini dibentuk bulat kecil, dibungkus kulit dalam dan kulit luar, kemudian dipanggang dalam oven selama 15 menit. Setelah lima menit, bakpia dibalik dan dipanggang kembali dalam suhu 185 derajat.

Setelah matang dikeluarkan dari oven dan bakpia belalang siap dikonsumsi. Bakpia belalang tersedia dalam tiga varian rasa yaitu pedas, manis, dan gurih.

 

Simak video pilihan berikut ini: