Sukses

Top 3 Berita Hari Ini: Kronologi Pemotongan Salib Kayu di TPU Yogyakarta

Solo - Top 3 berita hari ini diisi kabar pemotongan salib kayu di sebuah TPU di Yogyakarta. Tepatnya, pada nisan di atas makam Albertus Slamet Sugihardi (60), warga Purbayan, Kotagede.

Lokasi tempat jasad Slamet dimakamkan berada di permakaman kampung TPU Jambon, yang letaknya tak jauh dari rumah duka. Mayoritas warga muslim yang dikebumikan di sana.

Kabar yang beredar di media sosial menginformasikan, warga sekitar meminta makam mendiang Slamet dipindah ke pinggir dan nisan salib yang ada di atasnya dipotong.

Belakangan, terungkap fakta di balik insiden tersebut. Yakni, bahwa sudah ada kesepakatan antara warga dan keluarga korban. Penduduk setempat tak menolak jasad Slamet, hanya meminta agar tak ada simbol agama Nasrani di pemakaman yang kebetulan berada di blok muslim. 

Artikel lain yang jadi sorotan adalah kisah tiga bayi kembar yang harus ikut sang ibu mendekam di penjara. Peristiwa menyedihkan itu terjadi karena ketiga bayi berusia 3 bulan itu masih harus mendapatkan air susu ibu (ASI).  Tak ada pilihan lain selain membawa mereka ke dalam sel. 

Magfirah binti Zakirsyah (27) sang ibu, tersangkut kasus penipuan atau calo CPNS pada 2016 silam.

Berikut berita terpopuler dalam Top 3 Berita Hari Ini:  

1. Cerita Pemotongan Salib di Pemakaman Umum Yogyakarta 

Makam salib digergaji (Solopos.com)

Sebuah salib yang terpasang pada makam Albertus Slamet Sugihardi, 60, warga Purbayan, Kotagede, dipotong oleh warga setempat.

Peristiwa itu bermula ketika Slamet Sugihardi dinyatakan meninggal dunia. Sebelum meninggal. Kasus pemotongan salib di tempat pemakaman Umum (TPU) tersebut terjadi pada Senin (17/12/2018) sekitar pukul 14.00 WIB.

TPU tersebut memang bukan TPU khusus muslim, tetapi mayoritas digunakan oleh warga muslim.

Sebelum pemotongan salib terjadi, pusara Slamet yang awalnya berada di tengah, kemudian diganti ke pinggiran. 

Belakangan, terungkap fakta di balik insiden tersebut. Yakni, bahwa sudah ada kesepakatan antara warga dan keluarga korban. Penduduk setempat tak menolak jasad Slamet, hanya meminta agar tak ada simbol agama Nasrani di pemakaman yang kebetulan berada di blok muslim.

Selengkapnya...

2. Kisah Bayi Kembar Tiga yang Mendekam di Rutan Bireuen 

Foto: Istimewa/ Rino Abonita

Perempuan asal Desa Beuringin, Peureulak Barat, Aceh Timur itu ditahan di Rumah Tahanan Negara (rutan) Cabang Bireuen, Aceh, sejak 16 November 2018 lalu. Dia menjalani proses hukum yang menjeratnya. Istri Jafadli (29) ini tersangkut kasus penipuan atau calo CPNS pada 2016 silam.

Setelah menindak Magfirah, Polisi melimpahkan kasusnya ke Kejaksaan Negeri Bireuen. Berkas dinyatakan lengkap. Magfirah menjadi tahanan titipan jaksa, menunggu ketuk palu hakim atas kasus yang menjeratnya.

Demikian juga, bayi kembar tiga bernama Muhammad Furqan, Jihan Faiha, dan Jihan Farahah berusia 3 bulan yang masih menyusui, mau tidak mau ikut sang ibu.

Selengkapnya...

3. Kenalkan Kosmetik Oplosan, Nella Kharisma Diperiksa Polisi

Nella Kharisma diperiksa penyidik Polda Jatim (Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Artis Nella Kharisma atau Nella diperiksa sebagai saksi kasus produk kecantikan oplosan bermerek Derma Skin Care atau DSC Beauty.

Ada tiga substansi penting yang menjadi bahan pemeriksaan penyidik terhadap artis Nella. Mulai dari SOP yang menyangkut pariwara atau iklan, kedua adalah etika, dan ketiga adalah legal formal.

Kapolda Jawa Timur Irjen Luki Hermawan menyatakan, empat artis yang mengiklankan kosmetik palsu menerima honor yang cukup besar untuk mempromosikan produk yang diketahui palsu tersebut.

Selengkapnya...

 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.