KPU Kudus Uji Kuat Kotak Suara Kardus di Markas TNI

Oleh Liputan6.com pada 18 Des 2018, 20:02 WIB
Diperbarui 18 Des 2018, 20:02 WIB
Banner Infografis Pro-Kontra Kotak Suara Kardus Pemilu 2019

Liputan6.com, Kudus - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, mendemonstrasikan kekuatan kotak suara Pemilu 2019 yang terbuat dari bahan dupleks atau karton kedap air di Markas Komando Distrik Militer (Kodim) 0722/Kudus, Senin, 17 Desember 2018.

Kotak suara berukuran 40 x 40 x 60 sentimeter tersebut sempat diuji oleh Ketua KPU Kudus Naily Syarifah dengan cara diduduki. Sedangkan, seorang jurnalis juga ikut mengujinya dengan berdiri di atasnya. Kondisi kotak suara dupleks itu tetap kokoh.

Komandan Kodim 0722/Kudus Letkol Inf Sentot Dwi Purnomo juga ikut mencobanya dengan cara menduduki kotak suara tersebut, kemudian berdiri di atasnya, kotak kardus tetap kuat tidak terjadi apa-apa.

Namun, ketika kotak suara tersebut di balik kemudian didudukinya kembali sembari kedua kedua kakinya diangkat ternyata alas yang diduduki ambles.

Dilansir Antara, Ketua KPU Kudus Naily Syarifah di Kudus mengungkapkan, kotak suara yang terbuat dari karton tersebut dipastikan tidak sampai rusak ketika diisi surat suara karena berat total kertas suara maksimal di setiap TPS sekitar 10 kg.

Sementara beban maksimal kotak suara berbahan dasar karton itu mampu menahan beban lebih dari 80 kg.

Menghadapi musim hujan seperti sekarang, kata dia, tidak ada permasalahan dengan kotak suara tersebut meskipun terkena percikan air masih tetap aman. Keunggulan lain dari kotak suara yang terbuat dari karton tersebut, yakni lebih transparan dan ringan.

Untuk jumlah kotak suara yang diterima KPU Kabupaten Kudus sebanyak 15.345 buah yang akan dibagikan di setiap TPS sebanyak lima kotak suara, kemudian Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) sebanyak 11 kotak suara, dan di KPU ada satu kotak suara.

Komandan Kodim 0722/Kudus Letkol Inf Sentot Dwi Purnomo mengatakan, kotak suara yang terbuat dari kardus jenis dupleks tersebut sudah dirancang sesuai amanat undang-undang.

Untuk itu, kata dia, tidak perlu diragukan kelayakan kotak suara tersebut karena dibuat mampu menahan beban 80 kg sedangkan berat kertas suara 10-15 kg sehingga kemungkinan ambles kecil.

Dalam pelaksanaannya nanti, kata dia, TNI siap melakukan pengamanan dengan menerjunkan 500 personel untuk melakukan pengamanan Pemilu 2019 di Kudus.

 

Simak video pilihan berikut ini: