Sukses

Harga Kebutuhan Pokok di Pontianak Merangkak Naik Jelang Natal dan Tahun Baru

Harga kebutuhan pokok di Kota Singkawang mulai beranjak naik jelang hari Natal dan Tahun Baru 2019.

Liputan6.com, Pontianak - Harga kebutuhan pokok di Kota Singkawang mulai beranjak naik jelang hari Natal dan Tahun Baru 2019. Hal ini setidaknya diutarakan Kasi Distribusi Barang dan Perdagangan Luar Negeri, Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi, dan UKM Singkawang, Helmi Aswandi.

"Harga bawang merah sekarang ini sudah naik di kisaran antara Rp 28 ribu sampai Rp 30 ribu per kilogram. Padahal, minggu lalu masih di kisaran antara Rp 24 ribu-Rp 25 ribu per kilogram," kata Helmi seperti dikutip Antara.

Menurut pengakuan para pedagang, naiknya harga kebutuhan pokok khususnya harga bawang disebabkan pengiriman dari agen ke pedagang pengecer sangat terbatas.

"Stok yang ada di pasaran tidak terlalu banyak, sementara permintaan akan bawang merah cukup banyak, maka terjadilah mekanisme pasar," ujarnya.

Kemudian, harga telur ayam juga menurutnya ikut naik dari Rp 24 ribu per kilogram menjadi Rp 25 ribu per kilogram.

"Sementara harga daging ayam juga naik dari Rp 38 ribu menjadi Rp 40 ribu per Kilogram," ujarnya.

Untuk daging sapi, hingga kini masih stabil dengan harga Rp 120 ribu per kilogram. Namun, mendekati hari raya Natal dan Tahun Baru kelak diprediksikan akan ikut naik. Begitu juga dengan harga bawang putih hingga kini masih stabil diharga Rp 18 ribu per kilogram. Kemudian, kentang stabil pada harga Rp 14 ribu per kilogram, wortel di kisaran antara Rp 20-22 ribu per kilogram.

Begitu pula dengan harga cabe rawit masih di antara Rp 40-50 ribu per kilogram. Untuk sayur-sayuran juga, lanjutnya, masih stabil seperti sawi pada harga Rp 5 ribu per ikat dan sawi hijau di harga Rp 4 ribu per ikat.

"Namun untuk stok cabe hijau besar saat ini sedang kosong di pasaran," ungkapnya menambahkan.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.