Sukses

Kapal Oleng Kapten, KM Awu Minta Bantuan SAR

Posisi kapal miring kanan sekitar lima derajat dan sempat lego jangkar sekitar 1 mil dari Pelabuhan Bima.

Liputan6.com, Mataram - Kapal Motor (KM) Awu Jakarta berpenumpang ratusan orang dilaporkan miring kanan setelah keluar dari dermaga Pelabuhan Bima, Nusa Tenggara Barat. Pihak kapal sempat meminta bantuan tim pencairan dan penyelamatan (SAR) untuk mengevakuasi penumpang dari atas kapal.

"Dari laporan yang kami terima, posisi kapal miring kanan sekitar lima derajat dan sempat lego jangkar sekitar 1 mil dari Pelabuhan Bima," kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Mataram I Nyoman Sidakarya, ketika dihubungi di Mataram, Senin (17/12/2018), dilansir Antara.

Ia mengatakan Tim SAR Pos Bima menerima laporan dari pegawai Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Bima Suherman, bahwa KM Awu Jakarta milik PT Perusahaan Pelayaran Nasional (Persero) mengalami oleng kanan.

Setelah mendapatkan laporan, Tim SAR Pos Bima langsung bergerak menuju lokasi untuk memberikan bantuan evakuasi penumpang dari atas kapal.

Namun, setelah Tim SAR Pos Bima tiba di lokasi, KM Awu Jakarta berhasil menuju dermaga Pelabuhan Bima, sehingga evakuasi ratusan penumpang kapal tersebut batal dilakukan.

Hingga berita disiarkan, Kantor Pencarian dan Pertolongan Mataram belum mendapatkan informasi detail mengenai penyebab kapal yang akan berlayar menuju Surabaya, Jawa Timur, tersebut mengalami oleng kanan.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.