Sukses

Kala Driver Taksi Online Belajar Teknik Bantuan Hidup Dasar

Pelatihan Bantuan Hidup Dasar (BHD) sangat diperlukan untuk diberikan kepada orang awam.

Liputan6.com, Purwakarta - Rumah Sakit Siloam Purwakarta mengadakan pelatihan bantuan hidup dasar bagi beberapa pengemudi Grabcar area Purwakarta, Cikampek dan Subang yang terbagi dalam beberapa kelompok. Pelatihan BHD (Bantuan Hidup Dasar).

Pelatihan BHD tersebut diberikan oleh Tim Code Blue Siloam Hospitals Purwakarta, yaitu kumpulan dokter-dokter dan perawat-perawat dengan pendidikan, pelatihan dan pengalaman yang tinggi dalam penanganan pasien yang mengalami henti nafas dan henti jantung.

Sebagai salah satu penyedia jasa layanan kesehatan, Siloam Hospitals Purwakarta berkewajiban untuk memberikan pelatihan Bantuan Hidup Dasar kepada masyarakat awam.

"Pelatihan Bantuan Hidup Dasar (BHD) sangat diperlukan untuk diberikan kepada orang awam. Karena kejadian henti jantung dan napas bisa terjadi pada siapa saja, di mana saja dan kapan saja. Dan orang yang menemukan korban pertama kali bukan hanya tenaga medis yang terlatih, tetapi bisa orang awam yang ada di sekitar tempat kejadian," ujar dr. Reza Syahrial".

Pelatihan ini sangat penting agar masyarakat awam mengetahui bagaimana cara melakukan pertolongan pertama, berupa resusitasi jantung-paru, kepada korban yang mengalami henti nafas dan henti jantung baik karena sakit atau kecelakaan, sebelum tim medis datang ke tempat kejadian, demikian menurut dr. Reza selaku Kepala IGD RS Siloam Hospitals Purwakarta.

Seluruh peserta mengikuti dengan antusias pelatihan BHD ini, yang selain diberikan secara teori, juga disertai praktek langsung penanganan korban dengan menggunakan mannequin, yaitu boneka yang dirancang khusus untuk pelatihan BHD.

"Pelatihan ini sangat membantu mitra kami ketika sewaktu waktu terjadi serangan pada penumpang yg sedang kami antarkan, lalu bermanfaat juga untuk kami semua buat sesama pengemudi maupun keluarga", disampaikan Elnard Alde BerliansyahKoordinator Grab Purwakarta Cikampek Subang.

Di samping melatih para pengemudi Grabcar, Siloam Hospitals Purwakarta secara berkesinambungan terus memberikan pelatihan Bantuan Hidup Dasar kepada berbagai kalangan masyarakat awam baik di mitra perusahaan maupun komunitas lainnya, dengan tujuan agar korban henti nafas dan henti jantung mempunyai kesempatan hidup lebih tinggi karena mendapatkan pertolongan yang cepat dan tepat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.