Serunya Belajar Sambil Bermain di Taman Bunga Matahari Kediri

Oleh Dian Kurniawan pada 17 Des 2018, 17:00 WIB
Taman Bunga Matahari

Liputan6.com, Kediri - Taman bunga matahari yang terhampar di atas lahan seluas 900 meter persegi di Jalan Selo mangkleng, Kelurahan Pojok, Kecamatan Mojoroto, Kediri, mulai ramai lagi dikunjungi wisatawan. 

Pihak pengelola sebelumnya telah melakukan proses pembenahan dan melakukan inovasi, sehingga kini bukan hanya bunga matahari, taman wisata ini tapi juga ditanami jenis tanaman lain, mulai dari tomat, kangkung, cabai, hingga buah labu. Bahkan pihak pengelola telah menyediakan spot selfie dengan latar belakang hamparan keindahan bunga matahari

Menurut penelusuran tim Liputan6.com, bunga matahari di taman wisata ini sejak dua tahun lalu, dan disemai pada April 2016. Proses penanamannya melibatkan warga desa sekitar. Ide pembuatannya sendiri muncul dari istri Wali Kota Kediri kala itu. 

Bahkan tak hanya menjadi tempat bermain, taman wisata ini juga juga menjadi wahana edukasi bagi wisatawan yang ingin belajar soal tanaman hortikultura. Para pelajar yang datang ke lokasi akan mendapatkan bimbingan langsung dari pihak pengelola, mulai dari mengenal jenis tanaman hingga belajar tata cara penanaman. 

Ada sekitar 18 pemuda karang taruna Kelurahan Pojok yang setiap hari siap membantu wisatawan yang ingin berkunjung dan mempelajari seluk-beluk bunga matahari dan tanaman lainnya.  

"Saat ini setiap hari ada kunjungan sekitar 200 siswa pendidikan usia dini dan sekolah dasar," kata Erly Maya Muryati selaku Kepala Kantor Kelurahan Pojok Kecamatan Mojoroto Kota Kediri kepada Liputan6.com.

 

2 of 2

Membeli Labu

Taman Bunga Matahari
Foto: Dian Kurniawan/ Liputan6.com.

Pengunjung juga bisa membeli buah labu madu langsung di lokasi. Tanaman labu madu menjalar ke atas mengelilingi sebuah ruangan berukuran mini, buahnya menempel di batang menggelantung di setiap sudut ruangan.

Harga labu bervariasi, tergantung berat buahnya. Paling murah, dijual Rp 10 ribu. Tanaman buah labu madu sendiri baru ada di taman ini sekitar dua bulan lalu.

Berkunjung ke taman wisata bunga matahari ini bisa menjadi alternatif destinasi libuuran akhir tahun bersama keluarga. Apalagi masuk ke taman wisata ini tanpa dipungut biaya alias gratis. Terlebih lokasinya berdekatan dengan destinasi wisata alam Gua Selomangkleng.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓