Sukses

Top 3 Berita Hari Ini: Kekejian Majikan Sutini di Singapura Terungkap di Buku Harian

Top 3 berita hari ini, Sutini Tri Hefisi, pekerja migran atau TKI asal Banjarnegara yang bekerja di Singapura meninggal dunia.

Liputan6.com, Banjarnegara - Top 3 berita hari ini, Sutini Tri Hefisi, seorang TKI asal Banjarnegara yang diduga menjadi korban tindak pidana perdagangan orang (TPPO). Seperti TKI lainnya, Sutini meninggalkan kampung halaman dengan harapan dapat membantu perekonomian keluarga.

Alih-alih mendapat majikan yang baik, TKI ini malah mendapatkan perlakuan yang sangat buruk selama bekerja.

Dari buku hariannya, terungkap kekejian majikannya di Singapura. Seperti tidak boleh berkomunikasi dengan keluarga, ponsel diambil, dikurung di gudang hingga tiga hari, dan lain-lain.  

Tenaganya sebagai pembantu rumah tangga pun tak dihargai. Hingga dia akhirnya mendapatkan perawatan intensif di rumah sakit, Sutini hanya membawa uang Rp 2,4 juta.

Tiap hari, Sutini hanya makan satu kali. Kemudian, selama satu bulan kerja, Sutini tidak diberi gaji.

Dugaan human trafficking pun mencuat, karena sejak diberangkatkan, nyaris seluruh dokumen Sutini ditahan. 

Berikut berita terpopuler dalam Top 3 Berita Hari Ini:

1. Buku Harian TKI Sutini Ungkap Kekejian Majikan di Singapura

TKI Sutini, semasa dirawat di rumah sakit di Banjarnegara. Ia meninggal dunia 4 Desember 2018. (Foto: Liputan6.com/LBH Sikap/Muhamad Ridlo)

Sutini Tri Hefisi, pekerja migran atau TKI asal Banjarnegara yang bekerja di Singapura meninggal dunia. Diduga kuat, dia adalah korban tindak pidana perdagangan orang (TPPO) dan pidana lainnya.

Sejak tanggal 30 Oktober sampai tanggal 4 Desember 2018, TKI Sutini dirawat hingga tiga kali di ICU dengan kondisi kesehatan yang naik turun karena penyakit Meningitis, paru-paru dipenuhi lendir, dan stroke.

Diduga kuat, Sutini adalah korban tindak pidana perdagangan orang (TPPO) dan pidana lainnya.

Selengkapnya... 

2. Keajaiban Pohon Raga Sakti Penjaga Situs Keramat Cirebon

Kisah Pohon Raga Sakti Penjaga Situs Cimandung Cirebon Desa Krandon Kecamatan Talun Kabupaten Cirebon diyakini sebagai penjaga situs. Foto (Liputan6.com / Panji Prayitno)

Pohon bernama Akar Raga Sakti  berdiri di depan gerbang situs Kramat Cimandung, Desa Krandon, Kecamatan Talun, Kabupaten Cirebon.

Pohon yang diduga berumur ratusan tersebut diyakini masyarakat sekitar dapat mendatangkan keselamatan. 

Berdasarkan penuturan warga dan sesepuh desa, pohon tersebut ditanam oleh Mbah Kuwu Sangkan alias Pangeran Cakrabuana. Sejak ditanam, Pohon Akar Raga Sakti bentuknya tidak pernah berubah.

Selengkapnya..

3. Indikasi Perdagangan Orang, Keluarga Sutini Laporkan Calo TKI ke Polisi

Sutini, pekerja migran asal Banjarnegara yang dipulangkan dalam keadaan sakit ketika dirawat di rumah sakit meninggal dunia 4 Desember 2018. (Foto: Liputan6.com/LBH Sikap/Muhamad Ridlo)

Ada dugaan human trafficking atau tindak pidana perdagangan orang (TPPO) pada kasus Sutini.

Indikasi TPPO itu salah satunya adalah ketidakjelasan data Perusahaan Penempatan Tenaga Kerja Swasta Indonesia (PPTKIS) yang memberangkatkan Sutini.

Sejak diberangkatkan, nyaris seluruh dokumen Sutini ditahan. Seperti KTP, surat cerai, ijazah, dan dokumen lainnya.

Selengkapnya...

  

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.