Sukses

Nikmati Hari Libur dengan Wisata Mancing di Jambi

Selain menyediakan kolam pemancingan, sejumlah pengelola juga mengemas kawasan dengan memadukannya bersama restoran dan area rekreasi.

Liputan6.com, Jambi - Wisata pemancingan semakin populer menjadi alternatif untuk mengisi liburan akhir pekan bagi keluarga di Kota Jambi.

"Setiap akhir pekan banyak keluarga yang menyempatkan diri untuk memancing, juga korporasi atau lembaga," kata Diana, salah seorang pengelola kolam pemancingan Roemah Keboen di kawasan Jambi Selatan Kota Jambi, Sabtu 15 Desember 2018.

Puluhan titik lokasi pemancingan di Kota Jambi bermunculan, khususnya di kawasan Jambi bagian selatan dan di Kumpeh Kabupaten Muarojambi.

Selain menyediakan kolam pemancingan, sejumlah pengelola juga mengemas kawasan dengan memadukannya bersama restoran dan area rekreasi.

Kolam pemancingan Roemah Keboen di Jambi Selatan, misalnya, memadukan kolam-kolam pemancingan dengan restoran serta arena bermain bagi keluarga.

Kawasan asri yang mengapit lembah dengan sekitar delapan kolam serta di atasnya terdapat saung-saung untuk tempat makan pengunjung itu ramai dikunjungi pelancong setiap akhir pekan.

"Sudah sekitar dua tahun ini kami beroperasi, fokus kami buka pada Sabtu dan Minggu," kata Diana dilansir Antara.

Selain kolam pemancingan dan fasilitas rumah makan, juga terdapat arena taman bermain dan outbound bagi anak-anak. Selain itu, kehadiran puluhan kebun nangka "cempedak" menjadi keunikan kawasan itu.

"Kebetulan cempedaknya tengah berbuah, juga ada durian dan pohon buah 'bacan'. Bagi pemancing bisa membayar berdasarkan ikan yang diperoleh, bisa juga booking satu kolam," kata wanita berjilbab itu.

Pemancing akan dikenai tarif Rp35.000 hingga Rp75 ribu untuk satu kilogram ikan yang berhasil diangkat atau dipancing tergantung jenis ikannya. Sedangkan bila dimasak di tempat pengelola mengenakan tarif tambahan Rp35 ribu per kilogramnya.

Sedangkan di lokasi lainnya menerapkan variasi harga dan sistem pemancingan yang berbeda-beda. Namun, semuanya tetap menjadikan berat ikan yang diambil pemancing sebagai dasar pengenaan tarif.

Bagi mereka yang tidak membawa alat pancing, bisa menyewa dari pengelola kolam pemancingan dengan harga yang tidak terlalu mahal, berikut umpannya.

"Kami sering memancing di kolam pemancingan Atlantis di Kota Baru, setiap akhir pekan memang ramai pengunjung," kata Dikdik, seorang penggemar mancing warga Jalan Siswa Kota Jambi.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.