Sukses

Alam dan Generasi Toleran ala Habib Thohir Al Kaff dari Tegal

Menurut Habib Thohir dari Tegal, melalui salat subuh berjemaah yang dilaksanakan di alam terbuka, jemaah dapat melihat langsung kebesaran ciptaan Allah.

Liputan6.com, Tegal - Habib Thohir Al Kaff asal Tegal memiliki cara sendiri untuk menciptakan kedamaian dan lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Salah satunya dengan mengajak ribuan jemaah Rotibayn dan Wali Kota Tegal Nursholeh untuk menunaikan salat Subuh berjemaah di Kawasan Objek Pantai Alam Indah (PAI) Kota Tegal, Jawa Tengah.

Menurut Habib Thohir, melalui Salat Subuh berjemaah yang dilaksanakan di alam terbuka, jemaah dapat melihat langsung kebesaran ciptaan Allah SWT. Selain itu, menikmati alam juga membuat kedamaian di dalam hati.

Ia menyebutkan keutamaan salat subuh berjemaah yakni besarnya pahala yang setara dengan haji dan umrah.

"Saya berharap dengan berbagai keutamaan tersebut umat Islam hendaknya dapat makin menggencarkan salat Subuh berjamaah," kata Habih Thohir belum lama ini.

Sementara itu, Wali Kota Tegal Nursholeh mengatakan sangat bersyukur dapat menunaikan Salat Subuh berjemaah di PAI. Dirinya bahkan sangat mengapresiasi kegiatan tersebut.

"Mudah-mudahan istikamah, mudahan-mudahan sebulan sekali ada salat subuh berjamaah di PAI," ucap Nursholeh.

Ia pun berharap adanya kegiatan tersebut dapat menjadi getaran bagi umat untuk makin giat beribadah.

"Kami juga terus mengingatkan kepada masyarakat untuk menjaga suasana tetap kondusif di tahun politik seperti saat ini," katanya.

Menurutnya apa pun yang menjadi pilihan biar menjadi pilihan hati tanpa harus merembet ke urusan lainnya. "Jangan sampai terjadi gesekan hanya karena berbeda pilihan," jelasnya.

Dia pun tak lupa mengajak agar masyarakat bersama ulama dan umat untuk saling bersinergi menjaga keamanan dan ketertiban.

Habib Thohir merupakan satu keluarga Al-Kaff yang paling keras dalam berdakwah dari tujuh bersaudara anak lelaki Habib Abdullah Al-Kaff. Sebagai pendakwah, pria kelahiraan Tegal, 15 Agustus 1960, ini dikenal sangat konsisten dalam membentengi umat dari pendangkalan akidah, terutama oleh berkembangnya aliran sesat.

Memiliki postur tubuhnya yang tinggi tegap saat di mimbar, dai yang satu ini bak singa podium. Ceramahnya berapi-api, membakar semangat jama’ah. Terkadang nada suaranya baik air yang mengalir deras, penuh ketegasan. Gaya berdakwah dai yang satu ini memang sangat khas, suara bariton yang berat dan dalam.

Memang orasinya terkesan galak, penuh nada kritik tetapi bertanggung jawab. Sesekali dalam ceramahnya, ia menyelipkan canda-canda yang segar. Sehingga, dalam tiap pengajian yang diisi olehnya, ribuan jemaah betah mendengarkan sampai acara pengajian berakhir.

Mengenakan baju koko putih dan bersarung, demikian tampilan sederhana habib yang sebagian besar waktunya habis untuk berdakwah ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Membangun Generasi Toleran

Habib Thohir mendapatkan pendidikan agama dari ayah, Habib Abdullah Al-Kaff, yang dikenal sebagai ulama senior di Jawa Tengah. Kemudian mengenyam pendidikan SD dan SMP Al-Khairiyah di Tegal.

Baru pada tahun 1980, menjadi santri Sayid Al-Maliki di Pesantren Al-Haramayn asy-Asyarifain Makkah. Dia menjadi santri selama enam tahun bersama adiknya, Habib Hamid bin Abdullah Al-Kaff. Habib Hamid kini dikenal sebagai mubalig dan pemimpin Pondok Pesantren Al-Haramayn asy-Asyarifain, Jalan Ganceng, Pondok Ranggon, Cilangkap, Jakarta Timur.

Pulang ke Indonesia tahun 1986, Habib Thohir langsung terjun ke bidang dakwah, dan pernah juga menjadi ustaz di beberapa pesantren. Kini, meski berkeluarga di Pekalongan, dia lebih banyak membina umat di Tegal, khususnya di Masjid Zainal Abidin.

Di masjid yang terletak di Jalan Duku Tegal itulah, dia mengadakan majelis taklim yang diberi nama "Majelis Taklim Zainal Abidin".

Dia berharap, pesantren Zainal Abidin, yang sejak lama digagasnya akan bisa dibangun di Tegal. Sebab, sudah banyak orangtua yang ingin menitipkan anaknya kepada pesantren itu. Namun, cita-citanya itu tampaknya masih akan lama terwujud, sebab sekarang jadwal berdakwahnya masih padat.

Hampir dalam berbagai dakwah, entah dalam kesempatan majelis taklim, haul, ataupun seminar, dia selalu memperingatkan beberapa kesesatan yang dilancarkan kepada kaum muslimin di Indonesia. Sebab, Islam di Indonesia, menurutnya, adalah Islam warisan Walisanga, yaitu Ahlusunnah wal Jamaah, bukan Syiah maupun Ahmadiyah, misalnya.

Nama Habib Thohir lebih banyak dikenal oleh kaum muslimin yang tinggal di pelosok-pelosok desa. Karena, dia lebih senang berdakwah di daerah-daerah, bahkan masuk di pedesaan.

Habib Thohir juga mengharapkan, para ulama dan cendekiawan mempunyai sikap dan kepedulian untuk membentengi umat Islam dari kerusakan akidah. Kepada sesama Ahlussunah wal Jamaah, diharapkan tidak perlu lagi berdebat soal furu’iyyah atau masalah cabang-cabang agama, seperti tahlil, Maulid, haul, dan lainnya.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.