Sukses

Gerakan Subuh Berjamaah Palembang Raih Moeslim Choice Award

Program subuh berjamaah meraih penghargaan bergengsi yaitu Moeslim Choice Award di Jakarta.

Liputan6.com, Palembang - Program Subuh Berjamaah yang dicanangkan Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang melalui Wali Kota (Wako) Palembang Harnojoyo mendapatkan apresiasi yang luar biasa. Gerakan ini meraih penghargaan bergengsi di Indonesia.

Gerakan Subuh Berjamaah yang sudah digelar sejak 2014 lalu, kini sudah ditetapan menjadi program wajib melalui Peraturan Wali Kota (Perwali) tahun 2018.

Karena sukses menjalankan program ini, Pemkot Palembang meraih penghargaan Moeslim Choice Award. Harnojoyo menerima penghargaan ini pada acara Malam Anugerah Moeslim Choice Award 2018, di Pullman Hotel Jakarta, Rabu (12/12/2018) malam.

Menurut Harnojoyo, penghargaan ini bisa menjadi motivasi ke depan agar terus membangun gerakan yang berlandaskan syariah Islam.

"Ini motivasi bagi kami dan masyarakat Palembang. Perwali Subuh dapat lebih digelorakan lagi oleh setiap lapisan masyarakat di Kota Palembang," katanya kepada Liputan6.com.

Dalam menjalankan program ini, Wako Palembang mengajak 107 orang ustaz untuk memberikan tausiah di 107 kelurahan di Kota Palembang.

Pemkot Palembang pun menyisihkan dana khusus dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Palembang, untuk memfasilitasi para ustaz yang dirangkulnya.

"Pemkot Palembang terus meningkatkan kegiatan-kegiatan keagamaan, baik untuk internal pemerintahan maupun di masyarakat," katanya.

Wako Palembang juga menganggarkan dana perbaikan musala di berbagai kelurahan di Palembang yang membutuhkan renovasi. Penghargaan lainnya yang sudah diraih Pemkot Palembang yaitu predikat Kota Wisata Islami.

Dua destinasi yang membawa Palembang disematkan predikat tersebut yaitu Kampung Arab Almunawar di Kelurahan 13 Ulu Palembang dan Alquran Raksasa di Kecamatan Gandus Palembang.

"Kita sangat bangga karena dua destinasi wisata Islami juga mendapatkan penghargaan. Itu bentuk komitmen Pemkot Palembang dalam meningkatkan pariwisata di Palembang, termasuk wisata religi agama lain juga," ujarnya.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pejuang Subuh Berjemaah

Founder Moeslim Choice Award Teguh Santosa mengatakan alasan program Subuh Berjamaah yang dicanangkan Pemkot Palembang, mendapat penghargaan dari Majalah Moeslim Choice karena dianggap telah memberikan inspirasi bagi umat Islam di Indonesia.

"Terima kasih untuk tokoh-tokoh yang hadir pada malam ini. Dan sahabat saya Wako Palembang Harnojoyo, yang menjadi sosok pejuang Subuh," katanya.

Menurutnya, muslim di nusantara memiliki peranan penting terhadap kebangkitan bangsa. Moeslim Choice hadir menjadi media untuk mengisi kekosongan sebuah informasi kebenaran.

Peran umat Islam dalam membangun Indonesia tidak perlu diragukan lagi. Peran umat dan tokoh-tokoh muslim sudah ada sejak negeri ini, saat masih sekadar dibayangkan sampai era kebangkitan bangsa.

Selain Harnojoyo, penghargaan ini juga diraih oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, yang menyandang predikat kesantunan dalam kepemimpinannya.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.