Sukses

Warga Pelosok Cirebon Bisa Mengakses Internet

Jaringan internet dan telekomunikasi perlahan mulai mengkover sejumlah wilayah di pelosok Cirebon sehingga dapat meningkatan perekonomian di desa

Liputan6.com, Cirebon - Upaya meningkatkan jangkauan sinyal telekomunikasi di kawasan Pantura Jawa Barat terus dilakukan oleh PT Telkomsel.

Tahun ini, PT Telkomsel telah meningkatkan kapasitas jaringan ke sejumlah desa di Kecamatan Sedong Kabupaten Cirebon. Penguatan jaringan tersebut menjangkau lebih dari tiga desa.

GM Sales Regional PT Telkomsel Agustiyono mengatakan, wilayah Kecamatan Sedong menjadi sasaran baru Telkomsel dalam memperkuat jaringan telekomunikasi.

"Sekitar tiga desa tercover jaringan baru," ujar dia, Selasa (11/12/2018).

Sejauh ini, kata Agustiyono, jaringan telekomunikasi wilayah Sedong Kabupaten Cirebon tidak maksimal. Padahal, kawasan tersebut memiliki potensi ekonomi yang dapat dikembangkan dengan digitalisasi.

Agustiyono mengatakan, kawasan Kecamatan Sedong memiliki potensi yang bisa dikembangkan. Penggunaan internet sehat memotivasi masyarakat untuk memanfaatkan teknologi dan digitalisasi.

"Populasi penduduknya banyak potensi ekonomi tumbuh seperti pertanian dan perkembunan kami sangat peduli dengan itu," kata dia.

Menurut dia, masyarakat Sedong Kabupaten Cirebon berhak menikmati internet dan telekomunikasi. Dia menyebutkan, selain Cirebon, PT Telkomsel juga memperkuat jaringan telekomunikasi dan internet di Kabupaten Garut, tepatnya kawasan pertanian kopi.

"Kami upgrade terus mulai dari perkuat sinyal hingga penambahan BTS di wilayah pelosok Jawa Barat. Termasuk kapasitas transmisi dan lainnya," ujar dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Potensi Ekonomi

Seiring dengan penambahan kapasitas jaringan di wilayah pelosok, PT Telkomsel juga akan membantu memotivasi warga pelosok untuk melek internet sehat.

Sejumlah program disiapkan untuk mengembangkan berbagai potensi yang ada di desa. Agustiyono menyebutkan, Telkomsel akan sosialisasi progam digitalisasi di daerah pelosok Jawa Barat.

"Tapi ini bertahap ya kami melihat desa yang benar-benar sudah butuh kalau di Sedong masih pengenalan tapi tidak menutup kemungkinan kami bisa tumbuhkan juga," kata dia.

Sepanjang tahun 2018, Telkomsel sudah memasang ribuan BTS dan penguatan kapasitas jaringan baru di daerah pelosok. Dia juga mengklaim, harga paket kuota di wilayah Cirebon dan Indramayu termurah se Jawa Barat.

Dia menjelaskan, penetapan harga kuota murah di Cirebon dan Indramayu tersebut dianggap membantu masyarakat untuk mengembakgnan perekonomian di desa.

"Bayangkan kuota 4 giga hanya Rp 15 ribu untuk itu warga kami imbau manfaatkan jaringan kami sebaik-baiknya agar perekonomian desa semakin berkembang," ujar dia.

Saksikan video pilihan berikut ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.