Sukses

Bak Superhero, Motor yang Hilang Dikembalikan Kapolda Jabar

Bak superhero, Kapolda Jabar berhasil mengembalikan banyak motor warga Indramayu yang hilang dicuri.

Liputan6.com, Indramayu - Raut wajah bahagia terpancar pada diri Amir M Umar (54), warga Desa Pabean Ilir Kecamatan Pasekan Kabupaten Indramayu Jawa Barat.

Amir adalah salah satu korban pencurian motor di halaman rumahnya pada 1 Oktober 2018 sekitar pukul 01.30 WIB. Amir mengaku tidak menduga motor Vario Nomor Polisi E 5301 QY ditemukan dan dikembalikan.

"Ini seperti mimpi apalagi yang kembalikan motor langsung Pak Kapolda Jabar," kata Amir saat mengikuti konferensi pers bersama jajaran Polda Jabar dan Polres Indramayu, Selasa, 4 Desember 2018.

Dia mengaku terkejut dan hanya bersikap pasrah saat mengetahui motor kesayangannya hilang. Dia mengatakan, motor tersebut dibelinya secara kredit dan baru lunas enam bulan lalu.

Amir kemudian memutuskan melaporkan kejadian itu ke Polsek Pasekan. Hampir semua orang yang mengetahui hal itu memintanya agar tak terlalu berharap dengan pelaporan tersebut.

Namun, Amir tetap menyimpan harapan agar para polisi bisa menemukan kembali motor putih kesayangannya.

"Warga sekitar sempat bilang percuma melapor karena motor tidak akan kembali lagi," tutur Amir.

Harapan Amir terwujud saat dirinya ditelpon polisi bahwa sepeda motornya sudah ditemukan pada 3 November 2018 lalu. 

Hal senada diungkapkan seorang warga Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Indramayu, Ega (35). Sepeda motor Honda Beat E 2243 PAL berwarna putih miliknya juga sempat hilang dicuri sekitar dua bulan lalu.

Saat itu, sepeda motor digunakan adiknya untuk menonton musik organ dangdut di pesta hajatan salah seorang warga di Desa Kebulen, Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Indramayu.

Namun, 30 menit menikmati nyanyian biduan dangdut, sepeda motor yang diparkir tak jauh dari lokasi panggung sudah hilang dibawa kabur pencuri.

"Padahal motor itu dikunci stang. Tapi tetap hilang," kata Ega.

Mengetahui sepeda motornya hilang, Ega pun melaporkannya ke Polsek Jatibarang. Dia mengaku sangat berharap motor sang adik bisa kembali.

Harapan untuk menemukan si putih muncul dalam benak Ega saat membaca unggahan di Facebook. Dalam unggahannya itu, dia membaca pengumuman bahwa Polres Indramayu mengamankan ratusan sepeda motor hasil kejahatan.

Ega pun langsung mendatangi Mapolres Indramayu dengan membawa bukti yang disyaratkan. Dia pun terkejut dan sangat senang ketika menemukan sepeda motor miliknya ada di antara deretan ratusan sepeda motor yang diparkir di Mapolres Indramayu.

"Warna motornya sudah diubah, yang tadinya putih jadi hitam. Tapi nomor polisinya tidak berubah. Itu benar motor saya," ungkap Ega.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ratusan Motor Sebulan

Di tempat yang sama, Kapolda Jabar Irjen Pol Agung Budi Maryoto mengungkapkan, Polres Indramayu berhasil mengamankan 312 sepeda motor hasil curian. Dari jumlah tersebut, sebanyak 40 unit teridentifikasi pemiliknya kemudian dikembalikan.

Selain itu, 94 unit sepeda motor lainnya sudah teridentifikasi, tetapi pemiliknya belum datang. "Sisanya 178 unit sepeda motor belum teridentifikasi karena nomor rangka dan nomor mesinnya sudah dirusak," kata dia.

Dia mengatakan, polisi mengamankan 24 orang tersangka. Dari jumlah itu, lima tersangka terlibat kasus curas dan 19 tersangka kasus curanmor.

"Untuk aspek preventif (agar tidak kecurian), sebaiknya parkir di tempat terang dan dilengkapi kunci ganda. Selain itu, laksanakan siskamling," ujar Agung.

Saksikan video pilihan berikut ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.