Piton Albino 4 Meter Telan Angsa Bikin Heboh Warga Sekampung

Oleh Muhamad Ridlo pada 04 Des 2018, 03:01 WIB
Diperbarui 04 Des 2018, 03:01 WIB
Ular piton albino sepanjang 4 meter ditangkap warga Kampung Baru, Arcawinangun Purwokerto. (Foto: Liputan6.com/Istimewa/Muhamad Ridlo)
Perbesar
Ular piton albino sepanjang 4 meter ditangkap warga Kampung Baru, Arcawinangun Purwokerto. (Foto: Liputan6.com/Istimewa/Muhamad Ridlo)

Liputan6.com, Purwokerto - Jam baru menunjukkan pukul 04.00 WIB pagi ketika Yudi Saputra mendengar ayam dan angsa peliharaannya mengeluarkan suara berisik. Bukan kokok menyambut pagi seperti biasanya, ayam-ayamnya terdengar panik.

Namun, warga RT 01 RW 01 Kelurahan Arcawinangun, Kecamatan Purwokerto Timur Kabupaten Banyumas ini tak menyangka ayam dan angsa yang gelisah itu adalah pertanda ada ular piton albino di kandang ternaknya.

Setelah beberapa lama, suara riuh itu berhenti. Yudi pun mengira tak terjadi apa-apa dengan hewan peliharaannya.

Saat mulai terang, aktivitas memberi pakan pun dimulai. Kesempatan itu juga digunakan Yudi untuk memeriksa ternaknya.

Saat itu lah, Yudi baru menyadari, ada salah satu angsanya yang hilang. Ia pun kemudian mencari-carinya ke pekarangan, yang kebetulan berdekatan dengan sungai.

Secara bersamaan, sekitar pukul 06.00 WIB, warga Kampung Baru lainnya, Luri mengabarkan melihat ular piton albino di semak pinggir Sungai Kali Putih. Lantaran takut, ia menghubungi warga lainnya untuk menangkap ular yang cukup besar ini.

Mendadak, kampung baru yang masih sepi pada pagi itu riuh oleh temuan ular piton albino yang langka ini. Namun, mereka tak berani bertindak lantaran tak ada satu pun yang terbiasa menangkap ular.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Detik-Detik Piton Albino Muntahkan Angsa

Usai tertangkap, ular piton albino dievakuasi ke kandang burung kosong. (Foto: Liputan6.com/Istimewa/Muhamad Ridlo)
Perbesar
Usai tertangkap, ular piton albino dievakuasi ke kandang burung kosong. (Foto: Liputan6.com/Istimewa/Muhamad Ridlo)

Atas inisiatif warga, mereka menghubungi Yuli Ismanto alias Iis, yang diketahui tak takut ular. Bahkan, ia dijuluki sebagai pawang ular saking terbiasanya dengan hewan melata ini.

Saat seorang warga menghubungi Yuli, warga lainnya berjaga-jaga agar ular piton albino ini tak raib di semak-semak.

Tak menunggu lama, Yuli pun langsung datang dan berusaha menangkap ular piton yang di Indonesia dikenal dengan nama Sanca kembang ini. Petugas keamanan di sebuah hotel di Purwokerto ini pun terlihat tak ragu mendekati ular ini.

"Yuli Ismanto berhasil menangkapnya, hanya butuh waktu sekitar 15 menit," kata Dodo Susanto, seorang warga Kampung Baru, Senin, 3 Desember 2018.

Setelah berhasil ditangkap, ular ini kemudian diperiksa. Perut ular piton albino ini tampak membesar lantaran diduga memangsa angsa.

Karena penasaran, warga lantas memijat perut ular yang terlihat membesar. Benar saja, angsa yang sempat ditelan ular itu dimuntahkan kembali.

"Saat ini ular dikandangkan di bekas kandang burung milik warga, karena kemungkinan ular itu peliharaan warga sekitar yang lepas," ucap Dodo.

Warga pun mempersilakan jika pemilik ular albino ini hendak mengambil ular tersebut.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya