Petugas Tangkap 11 Pemburu Rusa Timor di Taman Nasional Ujung Kulon

Oleh Yandhi Deslatama pada 03 Des 2018, 18:03 WIB
Diperbarui 03 Des 2018, 18:03 WIB
Rusa Timor Tewas Diburu
Perbesar
Petugas gabungan Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK) bersama unsur TNI-Polri berhasil mengamankan 11 pemburu liar yang beroperasi di kawasan konservasi tersebut. (Liputan6.com/ Yandhi Deslataman)

Liputan6.com, Pandeglang - Petugas gabungan Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK) bersama unsur TNI-Polri berhasil mengamankan 11 pemburu liar yang beroperasi di kawasan konservasi tersebut. Dari tangan para pemburu ditemukan tiga ekor rusa Timor dalam keadaan mengenaskan karena telah tertembak di sekujur tubuhnya. 

Perburuan rusa Timor ini terjadi di dalam hutan lindung yang masuk dalam daftar Unesco ini, tepatnya di wilayah 1 seksi pengelolaan Taman Nasional Ujung Kulon, Sabtu, 1 Desember 2018, akhir pekan kemarin.

"Petugas TNUK, dibantu oleh Pasukan Marinir TNI AL, dan Polisi, berhasil mengamankan pemburu liar. Serta ditemukannya tiga ekor rusa yang sudah dikemas di boks," kata Mamat U Rahmat, Kepala Balai TNUK, melalui pesan singkatnya kepada Liputan6.com, Senin (3/12/2018).

Selain rusa yang sudah terpotong menjadi beberapa bagian, barang bukti lainnya yang disita dari pelaku antara lain berupa senapan laras panjang, laras pendek, amunisi, dan alat komunikasi.

Sebagai informasi, Taman Nasional Ujung Kulon merupakan hutan lindung yang menjadi habitat alami badak bercula satu. Hewan yang sudah sangat langka di dunia. Tak hanya itu, di kawasan konservasi ini juga dilarang melakukan aktivitas perburuan. 

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya