Sukses

Misteri Tandan Pisang Menjuntai ke Tanah dengan Ribuan Buah

Meskipun buah pisang di bagian atas sudah menguning, namun jantung pisang masih ada dan bunganya selalu menjadi pisang meskipun tidak ada isinya.

Liputan6.com, Temanggung - Tamanam pisang warga Dusun Mendirat, Desa Pare, Kranggan, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, berbuah unik dengan panjang tandan dua meter lebih.

Pemilik pohon pisang Ny.Munzaimah (41) di Temanggung, menyebutkan, tanaman pisang tersebut tumbuh sekitar satu tahun lalu di belakang rumah.

"Tanaman itu tumbuh liar, kami tidak menanamnya dan baru pertama kali berbuah dan anakan pohon pisang ini juga masih kecil," katanya, Selasa (27/11/2018) dilansir Antara.

Meskipun buah pisang di bagian atas sudah menguning, namun jantung pisang masih ada dan bunganya selalu menjadi pisang meskipun tidak ada isinya.

Guna mengantisipasi pohon pisang setinggi tiga meter tersebut tidak roboh oleh pemiliknya diberi tiang penyangga dan juga diikatkan ke sebuah pohon alpukat di dekatnya menggunakan kawat.

"Kami belum tahu pisang ini mau diapakan, bisa juga kami jual, tetapi untuk sementara biar begitu dulu jadi tontonan warga," tambahnya.

Ia menjelaskan, awalnya tidak ada yang aneh dengan pohon tersebut, seperti layaknya pohon pisang pada umumnya. Namun, seiring waktu berjalan, dalam dua bulan terakhir mulai menujukkan keanehan, yakni tandannya menjuntai panjang ke tanah dengan ribuan pisang.

"Tidak ada tanda-tanda aneh awalnya. Tetapi lambat laun tandannya semakin panjang dan buah pisangnya sangat banyak, mungkin ribuan jumlahnya." katanya.

Ia menambahkan, meski masih banyak buah yang dalam kondisi mentah berwarna hijau, namun ada pula pisang yang sudah mulai menguning, terutama yang terdapat di bagian pangkal tandan. Meski demikian, ia sama sekali belum pernah mencicipi rasa buah pisang itu.

Kepala Desa Pare, Supangat mengatakan, fenomena pohon pisang dengan tandan 2,2 meter baru pertama kali terjadi di desanya.

Ia menerangkan, tidak heran apabila banyak warga yang datang untuk melihat langsung kemudian berswafoto di sekitar pohon pisang tersebut.

Guna menghindari adanya kerusakan, saat ini di sekitar pohon tersebut diberi garis pembatas berupa tali.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.