Sukses

Warga Sambas Kalbar Galau Menetap Dekat Hutan Lindung

Kami setiap waktu merasa khawatir untuk beraktivitas terutama bertani atau berkebun, lantaran takut ditangkap dan dituduh merusak hutan lindung.

Liputan6.com, Pontianak - Kepala Desa Kaliau', Sajingan Besar, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat, Jamel mengatakan, daerahnya yang berada di perbatasan mengeluhkan desaanya yang masuk ke wilayah hutan lindung sehingga menghambat aktivitas masyarakat terutama berkaitan lahan pertanian.

"Kami setiap waktu merasa khawatir untuk beraktivitas terutama bertani atau berkebun, lantaran takut ditangkap dan dituduh merusak hutan lindung. Padahal warga kami sudah lama hidup di sini. Sejak dari zaman nenek moyang kami, sudah bermukim di wilayah ini," ujarnya di Pontianak, Sabtu 24 November 2018.

Dengan kondisi yang ada pihaknya meminta pemerintah memberikan pelepasan wilayah hutan lindung di desanya karena warga Desa Kaliau' takut untuk membuka lahan bertani atau berkebun.

"Jika melanggar tentu konsekunsinya berhadapan dengan hukum. Kami minta pelepasan wilayah hutan lindung di desa kami," lanjutnya dilansir Antara.

Sementara itu, dirinya mengakui jika pembangunan di daerah perbatasan sudah dirasakan terutama pada era Presiden Jokowi.

"Pembangunan infrastruktur di perbatasan seperti di Kecamatan Sajingan Besar, sangat luar biasa. Kami sebagai warga perbatasan sangat bersyukur dan berterima kasih kepada pemerintah khususnya Presiden Joko Widodo," papar dia.

Ketua kelompok tani di desa tersebut, Thomas menyebutkan sebagai petani memerlukan lahan. Namun dengan masuknya desa Kaliau' dalam wilayah hutan lindung membuat kami para petani takut untuk membuka lahan.

"Akibatnya sangat berdampak pada hasil pertanian Desa Kaliau'," terangnya.

Pada sisi lain, paparnya sejumlah bantuan berupa bibit dan pupuk sering diterima petani. Akan tetapi karena keterbatasan lahan bantuan tersebut kurang maksimal manfaatnya.

"Kami berharap pemerintah memberikan pelepasan wilayah hutan lindung di desa kami," katanya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.