Sukses

Heboh Pemuda di Surabaya Mengajukan Permohonan Ganti Kelamin

Majelis Hakim dalam memutuskan permohonan ini nantinya mempertimbangkan banyak aspek yang didapat dari keterangan saksi ahli dari bidang kedokteran, psikologi, psikiatri maupun tokoh agama

Liputan6.com, Surabaya - Pengadilan Negeri Surabaya siap memutuskan permohonan ganti identitas kelamin dalam persidangan yang diagendakan berlangsung pada pekan depan, Selasa, 27 November 2018.

Kepala Hubungan Masyarakat Pengadilan Negeri (PN) Surabaya Sigit Sutriono mengungkapkan, permohonan ganti identitas kelamin itu diajukan oleh seorang pria berusia 23 tahun asal Tuban, Jawa Timur, yang tinggal di Surabaya.

"Dia ingin mengganti identitas kelaminnya menjadi perempuan. Pengajuannya sudah lama dan pekan depan memasuki agenda putusan hakim," katanya di Surabaya, Jumat (23/11/2018) dilansir Antara.

Dia menyebut majelis hakim yang memimpin persidangan permohonan ganti identitas kelamin ini adalah Dede Suryaman.

Sigit mengatakan, sebenarnya tidak ada perundang-undangan yang mengatur terkait permohonan ganti identitas kelamin di Indonesia.

"Majelis Hakim dalam memutuskan permohonan ini nantinya mempertimbangkan banyak aspek yang didapat dari keterangan saksi ahli dari bidang kedokteran, psikologi, psikiatri maupun tokoh agama," katanya.

Selain itu, majelis hakim juga akan mempertimbangkan bukti-bukti yang diajukan pemohon.

"Kalau majelis hakim yakin dan sesuai ketentuan maka permohonan identitas ganti kelamin akan dikabulkan. Kalau tidak yakin, ya, akan ditolak," ucapnya.

Sigit menjelaskan permohonan ganti identitas kelamin yang sedang ditangani bukan terkait dengan fenomena "Lesbian, Gay, Biseksual, dan Transgender" (LGBT), melainkan karena pemohon merasa sejak lahir memiliki kelamin ganda.

Dia mengungkapkan, PN Surabaya pernah menangani permohonan serupa di tahun 2016, yang diajukan mahasiswi Institut Teknologi Bandung Angelina Karuniata Kanan, yang menginginkan identitas kelaminnya menjadi laki-laki.

Majelis hakim yang ketika itu dipimpin Matheus Samiaji kemudian mengabulkan permohonannya pada 27 Juli 2016. Angelina lantas mengubah namanya menjadi Andreas Alessandro Kaban.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.