Sukses

Emak-Emak di Aceh Berinovasi Menciptakan 3 Minuman Berkhasiat

Ada tiga jenis minuman berbahan rempah-rempah hasil produksi kami berkhasiat untuk kesehatan.

Liputan6.com, Banda Aceh - Sekelompok ibu rumah tangga atau emak-emak di Gampong Alue Ie Itam, Kecamatan Indra Makmu, Kabupaten Aceh Timur berhasil mengolah rempah-rempah tradisonal menjadi aneka minuman yang berkhasiat untuk kesehatan.

"Ada tiga jenis minuman berbahan rempah-rempah hasil produksi kami berkhasiat untuk kesehatan," kata salah seorang anggota kelompok, Leginem (38) saat dihubungi Antara dari Banda Aceh, Minggu (18/11/2018).

Ia menyampaikan, minuman berbahan rempah-rempah lokal tersebut meliputi, Kopi Stamina, Sereh Lemon, dan Asam Kunyit yang diproduksi sekelompak IRT yang berjumlah 14 orang binaan PT Medco E&P Malaka, Aceh Timur.

"Usaha ini baru berjalan sekitar empat bulan dan saat ini baru tiga jenis minuman berkhasiat yang kami produksi yaitu, Kopi Stamina, Sereh Lemon dan Asam Kunyit sudah dikemas dalam botol 600 miligram, harganya Rp 15.000 per botol," kata Leginem dilansir Antara.

"Saat ini pejualannya masih biasa saja, mungkin karena kurang promosi. Kalau pendapatannya, Alhamdulillah mampu untuk memenuhi kebutuhan keluarga sehari-hari," tambah pelaku usaha rumah tangga tersebut.

Lebih lanjut dia menjelaskan, minuman itu semua hasil permentasi rempah-rempah lokal yang sangat alami dan bebas dari bahan pengawet serta mampu menetralisir racun dari dalam tubuh.

Dia menjelaskan, minuman tradisional tersebut menggunakan rempah-rempak hasil produksi petani lokal dan Kopi Stanima mengandung, Biji Kopi, Lada Hitam, Cabe Jawa, Jahe Merah dan Lengkuas.

"Kopi Stamina menyegarkan badan dan menetralisir racun berbahaya dalam tubuh," kata Leginem.

Kemudian lanjutnya, Sereh Lemoh hasil permentasi dari, Sereh, Lemon, Kayu Manis dan Gula secukupnya.

"Sereh Lemon itu mampu mengeluarkan angin dalam tubuh dan sangat cocok dikonsumsi bagi siapa saja yang sedang berpergian," ujar dia.

Selanjutnya, Asam Kunyit hasil permentasi dari, Kunyit dan Asam Jawa.

"Kalau Asam Kunyit itu sangat bagus untuk kaum hawa karena melancarkan kotoran saat datang bulan serta membersihkan rahim dan menyembuhkan penyakit lambung," ujarnya menguraikan.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.