Sukses

Bisa Ternak Lele Tanpa Lahan Luas, Mau Coba?

Dari satu kolam lele yang dikelola bersama, warga di lingkungan setempat bisa meraup untung hingga ratusan ribu rupiah.

Liputan6.com, Madiun - Jumlah lahan yang minim membuat sejumlah warga RW 11, Kelurahan Mojorejo, Kecamatan Taman, Kota Madiun, Jawa Timur yang tergabung dalam Paguyuban petani lele "Srimino" memutar otak untuk membudidayakan ikan itu. Mereka pun berhasil mengembangkan sistem "Bioflok" dalam membudidayakan lele untuk pemenuhan perekonomian dan peningkatan keanekaragaman pangan keluarga.

Ketua RT setempat Laminto, di Madiun, Jawa T imur mengatakan, budi daya ikan lele dengan kolam bundar bersistem bioflok sangat cocok diterapkan di wilayah perkotaan seperti Madiun yang minim lahan.

"Selain itu, masa panen juga lebih cepat dengan sistem bioflok. Serta menghemat biaya operasional karena minim pemberian pakan," ujar Laminto, dilansir Antara, Rabu (14/11/2018).

Menurut dia, dari satu kolam yang dikelola bersama, warga di lingkungan setempat bisa meraup untung hingga ratusan ribu rupiah. Hal itu masih ditambah dengan bonus mengonsumsi ikan lele setiap hari.

Warga biasa memanen lelenya setiap tiga bulan sekali. Masa panennya lebih cepat karena pakan lele terbantu dengan keberadaan mikro organisme yang terbentuk dari sistem bioflok.

Mikro organisme yang menjadi makanan alami ikan itu sengaja dibiarkan berkembang di dalam kolam, sehingga lebih hemat.

Untuk biaya pembuatan kolam bundar, benih, dan pakan sistem bioflok membutuhkan biaya sekitar Rp 750 ribu. Sedangkan, harga jual saat panen bisa mencapai Rp 1,5 juta hingga Rp 2 juta. Masih ada keuntungan lain yakni sebagian lele yang bisa dikonsumsi untuk kebutuhan pribadi.

Adapun sistem bioflok dilakukan tidak langsung memasukkan benih ikan ke dalam kolam. Namun, membiarkan mikro organisme berkembang terlebih dulu.

Lalu, air kolam diisi dengan probiotik atau bakteri patogen dan pakannya seperti tetes tebu dan dolomit.

Lurah Mojorejo Basuki menambahkan, pembudidayaan ikan lele tersebut awalnya bertujuan untuk pemenuhan gizi warganya. Saat itu, konsumsi ikan warga setemaat sangat kurang.

"Kemudian warga sepakat membudidayakan lele agar masyarakat tidak perlu membeli. Namun, hal itu terkendala dengan lahan yang akhirnya mendapat pelatihan dari Balai Benih Ikan (BBI) Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Madiun," katanya.

Kini seiring dengan berjalannya waktu, warga Kelurahan Mojorejo tidak hanya menjual dalam bentuk ikan lele, tetapi juga telah mengemasnya dalam bentuk pepes, nugget, botok, garang asem, hingga mangut.

"Kondisi tersebut turut mendongkrak perekonomian warga pengelolanya. Prinsipnya, dari masyarakat, dikelola masyarakat, dan dimanfaatkan untuk masyarakat," kata Basuki.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.