Yuk, Berburu Tiket Kereta Api untuk Libur Natal dan Tahun Baru di Bandung

Oleh Arie Nugraha pada 13 Nov 2018, 18:02 WIB
Diperbarui 15 Nov 2018, 17:13 WIB
PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 2 Bandung menyediakan 2.184 tempat duduk KA Tambahan Lebaran. (Humas Daop 2 Bandung)

Liputan6.com, Bandung - PT Kereta Api Daerah Operasi (PT KA Daop) 2 Bandung menyatakan pemesanan tiket kereta api untuk libur Natal dan Tahun Baru 2019 belum mengalami peningkatan yang signifikan. Data terakhir jumlah pemesanan tiket kereta pada masa liburan hari raya keagamaan dan pergantian tahun itu, masih di bawah 50 persen.

Menurut juru bicara PT KA Daop 2 Bandung, Joni Martinus, peningkatan pemesanan tiket kereta api biasanya terjadi mendekati liburan Natal dan Tahun Baru. Untuk menghindari kehabisan tiket, Joni meminta kepada calon penumpang melakukan pemesanan jauh hari sebelumnya.

"Pemesanan tiket kan sudah bisa dilakukan 90 hari sebelum keberangkatan, jadi masyarakat bisa melakukan pemesanan jauh hari sebelumnya sehingga rencana liburan Natal dan akhir tahun bisa berjalan lancar," kata Joni kepada Liputan6.com, Selasa (13/11/2018).

Joni menjelaskan untuk sarana dan prasarana angkutan Natal dan Tahun Baru 2019, belum ada persiapan khusus. Namun, Joni menambahkan, skema persiapan sarana dan prasarana itu masih serupa dengan tahun-tahun sebelumnya.

Seperti adanya penambahan petugas pemeriksa jalan, penjaga daerah rawan, dan penjaga lintasan kereta api. Sama halnya dengan penambahan perjalanan kereta.

"Jika merujuk pada Angkutan Natal tahun 2017 dan Tahun Baru 2018, PT KAI Daop 2 mengoperasikan tiga kereta tambahan yaitu KA Lodaya Pagi, Lodaya Malam, dan Pasundan," ujar Joni.

Sedangkan, untuk jumlah tempat duduk yang tersedia selama masa Angkutan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 pun, Joni belum bisa memastikan. Namun, jika merujuk pada masa Angkutan Lebaran 2018, Daop 2 menyediakan sekitar 62 ribu bangku per harinya.

Joni menambahkan bahwa untuk memudahkan pemesanan tiket kereta api, masyarakat bisa mengunduh aplikasi KAI Access dari Playstore atau Appstore.

Dengan aplikasi ini, penumpang bisa langsung mendapatkan e-boarding sehingga tidak perlu lagi mencetak tiket karena sudah langsung mendapatkan barcode yang bisa dijadikan boarding pass dan ditunjukkan ke petugas saat akan berangkat menggunakan kereta.

 

Simak video pilihan berikut ini:

Live Streaming

Powered by