Sukses

Banjir, Ratusan Warga di Kabupaten Bandung Mengungsi

Genangan banjir terpantau di beberapa lokasi yaitu Kelurahan Andir, Kelurahan Baleendah, Desa Dayeuhkolot dan Desa Bojongsoang.

Liputan6.com, Bandung Hujan deras yang mengguyur kawasan Kabupaten Bandung membuat sejumlah titik tergenang banjir. Akibatnya, sebanyak 378 jiwa mengungsi dari tempat tinggal mereka.

Menurut Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Kabupaten Bandung, Akhmad Djohara, total keseluruhan pengungsi di Kecamatan Baleendah, Dayeuhkolot, dan Bojongsoang yaitu mencapai 111 kepala keluarga. Jumlah itu terdiri terdiri dari 378 jiwa, 49 lansia, 2 ibu hamil dan 22 balita.

"Titik pengungsian saat ini ada di Kecamatan Bojongsoang, Dayeuhkolot, dan Bojongsoang," kata Akhmad saat dihubungi, Senin (12/11/2018).

Akhmad melanjutkan, genangan banjir terpantau di beberapa lokasi yaitu Kelurahan Andir, Kelurahan Baleendah, Desa Dayeuhkolot dan Desa Bojongsoang. Adapun total keseluruhan sarana dan prasarana yang terendam yaitu 350 rumah, 9 sekolah, dan 25 tempat ibadah.

Akhmad menuturkan, lonjakan pengungsi berlangsung sejak Minggu (11/11/2018) sore. Jumlah pengungsi, lanjut dia, akan bertambah tergantung tinggi debit air dan cuaca.

"Kita juga sedang menyiapkan dan mencari beberapa tempat pengungsian lagi baik itu GOR atau tempat yang aman untuk mereka," ucapnya.

Walaupun sekarang baru tiga titik pengungsian, ia tak memungkiri nanti jumlahnya akan bertambah.

"Sekarang ada tiga titik dulu, kalau kita lihat pengalaman yang lalu tidak sampai 24 titik. Kita cari GOR yang lebih luas," imbuhnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bantu Seberangkan Anak Sekolah

Banjir di wilayah Kabupaten Bandung juga membuat aktivitas warga cukup terganggu. Terutama anak-anak yang bersekolah dan orang dewasa yang akan bekerja.

Untuk itu, BPBD menyiagakan petugas untuk membantu warga melintasi genangan banjir.

"Petugas disiagakan untuk pelayanan evakuasi masyarakat yang ingin mengungsi. Kemudian kita coba memfasilitasi tadi pagi warga yang ingin bekerja dan bersekolah. Kita beirkan pelayanan untuk menyebrangkan warga," ujarnya.

Selain banjir, Akhmad menuturkan, BPBD juga turun ke lokasi longsor. Ada beberapa titik longsor yang terjadi dalam beberapa hari terakhir.

"Kemudian ke tempat longsor juga kita langsung melakukan pemantauan dan pendataan ke lokasi longsor. Karena ada beberapa titik lokasi longsor saat ini selain di sekitar Pangalengan, Ibun dan kemarin kejadian di Cangkuang terjadi juga longsoran besar. Tadi pagi juga ada lonhsor di Banjarsari," paparnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini