Nasib 6 Mahasiswa Untirta Usai Hilang Kontak di Gunung Pulosari

Oleh Yandhi Deslatama pada 12 Nov 2018, 16:01 WIB
Diperbarui 14 Nov 2018, 11:14 WIB
Mendaki dan Pendaki

Liputan6.com, Pandeglang - Enam orang pendaki sempat dikabarkan hilang di Gunung Pulosari, Kabupaten Pandeglang, Banten. Mereka naik Gunung Pulosari dengan ketinggian 1.346 meter dari permukaan laut (MDPL) pada Jumat, 9 November 2018 pukul 20.00 WIB.

Beruntung, pada Senin, (12/11/2018), tadi pagi telah ditemukan oleh tim dari Kepolisian dan Basarnas Banten.

"Tim pencarian berhasil menemukan enam orang mahasiswa Untirta yang hilang saat mendaki Gunung Pulosari," kata AKBP Indra Lutrianto, Kapolres Pandeglang, saat dihubungi melalui pesan singkatnya, Senin (12/11/2018).

Kejadian berawal saat 13 mahasiswa menaiki Gunung Pulosari, pada Jumat 9 November 2018 pukul 20.00 WIB, melalui jalur Cihunjuran, Desa Cikoneng, Kecamatan Mandalawangi.

Sebelumnya, mereka sempat diingatkan warga sekitar kalau jalur pendakian ke kawah gunung masih ditutup karena alasan keamanan. Namun, mereka tetap memaksa naik.

 

2 dari 2 halaman

Kronologi Hilangnya Para Pendaki

Sempat Hilang Saat Mendaki Gunung, Enam Mahasiswa Ditemukan
Enam orang pendaki sempat dikabarkan hilang di Gunung Pulosari, Kabupaten Pandeglang, Banten, akhirnya berhasil ditemukan. (Liputan6.com/Yandhi Deslatama)

Berdasarkan informasi yang dihimpun, mahasiswa sampai di puncak kawah Gunung Pulosari pada Sabtu, 10 November 2018, sekitar pukul 01.00 dini hari dan menginap di lokasi.

Lalu, sekitar pukul 05.00 WIB, mereka menikmati matahari terbit dari puncak gunung. Setelah selesai, ketua regu bernama Aldhan, membagi dua tim pendakian.Tim pertama sebanyak tujuh orang ditugaskan untuk mengemas barang-barang mereka untuk persiapan pulang. Sedangkan tim kedua, masih berada di sisi puncak gunung lainnya.

Tim pertama yang berisikan tujuh mahasiswa itu ditegur warga setempat, untuk tidak berkemah di lokasi kawah dan disarankan untuk segera turun. Mereka pun turun lebih dulu melalui jalur Cilentung, Kecamatan Pulosari pukul 21.00 WIB dan sampai di basecamp awal di Cape Salakanagara sekitar pukul 02.00 WIB.

Mereka pun menunggu keenam temannya yang belum sampai ke basecamp Salakanagara. Tak hanya menunggu, mereka yang telah sampai di bawah, sempat mencari keenam temannya yang belum turun dan hilang kontak.

Hingga akhirnya laporan dugaan kehilangan para pendaki diterima oleh anggota Pelayanan Masyarakat (Yanmas) Polsek Mandalawangi, bernama Brigadir Teja Gunantara dan Bripda Catur Andi.

Kedua anggota polisi itu kemudian berkoordinasi dengan berbagai institusi untuk melakukan pencarian.

"Mahasiswa Untirta tersebut ditemukan di Kampung Palembang, Desa Palembang, Kecamatan Cisata, Kabupaten Pandeglang dalam keadaan lengkap dan sehat," terangnya.

Berikut nama mahasiswa pendaki gunung yang sempat hilang dan berhasil ditemukan yaitu Claudio (28), Jujun (18),  Nahzan (19), Alohan (18), Dinda (18), dan Indri (18).

 

Simak video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓