Strategi Unik Relawan Blusukan Jokowi Jogja

Oleh Switzy Sabandar pada 11 Nov 2018, 20:02 WIB
Relawan blusukan Jokowi

Liputan6.com, Yogyakarta - Pengurus pusat Relawan Blusukan Jokowi melantik sejumlah pengurus daerah Relawan Blusukan Jokowi Jogja di The Alana Yogyakarta Hotel And Convention Center, Minggu (11/11/2018). Budi Setiyono ditetapkan sebagai Ketua Blusukan Jokowi Jogja yang anggotanya terdiri dari alumni perguruan tinggi negeri maupun swasta di DIY.

Setelah pelantikan, pengurus daerah dan sejumlah relawan juga mendeklarasikan dukungan dan pilihan kepada Jokowi untuk menjadi Presiden RI periode kedua pada 2019 sampai 2024. Mereka juga berjanji untuk berjuang sekuat tenaga dalam koridor hukum dan peraturan yang berlaku untuk memenangkan Jokowi dalam pilpres 2019.

Mereka berkomitmen untuk secara aktif menjaga, mengawal, dan mengkritik secara konstruktif sehingga dapat mencapai hal yang dicita-citakan.

"Pada acara deklarasi ini juga hadir teman-teman kuliah Jokowi semasa di Yogyakarta," ujar Budi Setiyono saat memberikan sambutan.

Blusukan Jokowi berharap nilai perolehan di DIY meningkat ketimbang pilpres sebelumnya. Mereka menargetkan 70 persen suara untuk kemenangan Jokowi-Maaruf Amin, mengingat periode sebelumnya capaian suara di DIY sebanyak 64 persen.

Budi memaparkan strategi yang dikembangkan untuk mendukung perolehan suara Jokowi-Maaruf Amin disesuaikan dengan perkembangan zaman, termasuk masuk ke generasi milenial. Salah satunya, Blusukan Jokowi Jogja akan menggelar lomba sinematografi singkat blusukan Jokowi di Malioboro dan Pasar Bringharjo.

"Pesertanya pelajar dan mahasiswa diharapkan cara ini bisa disukai dan menarik perhatian generasi milenial," ucap Budi.

Strategi yang tak kalah unik lainnya adalah multilevel rekruitmen. Saat ini jumlah relawan Blusukan Jokowi Jogja sebanyak 710 orang.

Relawan Blusukan Jokowi Jogja mengembangkan sistem downline. Satu anggota relawan internal membuat downline empat orang ke bawah.

"Boleh keluarganya, boleh tetangganya, boleh saudaranya, nanti empat orang itu juga akan membuat downline menjadi empat lagi, sehingga harapannya tiga sampai empat tingkatan di bawah itu sudah bisa memperoleh suara Jokowi-Maaruf Amin yang signifikan untuk DIY," tutur Budi.

Saksikan video pilihan berikut ini: