Sukses

Top 3 Berita Hari Ini: Kisah Ulama Jawa Diikuti Keris Pusaka hingga ke Aceh

Top 3 berita hari ini, keris itu tak pernah disentuh. Dibiarkan begitu saja. Seolah mengambang di antara tiang-tiang beton masjid yang ada di sekelilingnya.

Liputan6.com, Aceh - Top 3 berita hari ini, kedigdayaan sebuah keris yang dibuat para empu di jaman Majapahit telah dikenal seanteo Tanah Air. Pembuatannya pun perlu dibuat ritual khusus agar memilki kesaktian.

Salah satunya pernah terjadi di Provinsi Aceh.  Konon sebilah keris mengikuti seorang ulama asal Jawa hingga ke tanah kelahirannya di Aceh. Kini benda pusaka tersebut menghiasai salah satu pilar Masjid Jamik Abu Habib Muda Seunagan Peuleukueng, Aceh.

Cerita lain mengatakan, sang ulama memiliki silsilah yang masih bertautan darah dengan asal usul keris tersebut hingga diikuti ke Serambi Makkah. Maka tak heran jika keris itu mengikuti keturunan pemiliknya terdahulu yang berhak menjadi ahli waris.

Sementara itu, dampak banjir bandang yang menerjang Tasikmalaya membuat puluhan rumah di Kecamatan Cipatujah terendam banjir hingga kini.

Jumlah korban tewas pun tak terelakkan. Dari tujuh orang yang terseret derasnya arus sungai, lima orang ditemukan tak bernyawa. Kini banyak warga yang memilih untuk mengungsi.

Tidak hanya korban jiwa, banjir bandang yang menghantam juga membuat akses jalan raya Cipatujah menuju Ciheras, Pameungpeuk dan wilayah Garut Selatan lainnya, lumpuh total akibat terputusnya Jembatan Pasanggrahan.

Berikut berita terpopuler dalam Top 3 Berita Hari Ini:  

1. Misteri Keris yang Datang Sendiri dari Tanah Jawa ke Aceh 

Foto: Rino Abonita/ Liputan6.com

Keris tua itu tak pernah sekalipun dimandikan lazimnya ritual yang sering dilakukan kepada benda-benda pusaka sejenisnya. Ia hanya diikat kawat dan ditutupi kaca seukuran panjang dan lebar keris tersebut di dalam sebuah tiang beton.

Benda pusaka itu tak pernah disentuh. Dibiarkan begitu saja. Seolah mengambang di antara tiang-tiang beton lain yang ada di sekelilingnya. Jika hari sepi, aura magis bisa begitu kental dirasakan bagi yang datang ke tempat keris itu berada.

Ada yang bilang keris itu datang sendiri mengikuti seorang ulama saat datang dari tanah Jawa ke Aceh.

Selengkapnya...

2. Banjir Bandang Menghantam Tasikmalaya

Korban banjir bandang Tasikmalaya (Liputan6.com/Jayadi Supriadin)

Sebanyak lima orang dari tiga kecamatan di Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat meninggal dunia akibat banjir bandang yang terjadi Selasa, dini hari tadi.

"Kejadian diperkirakan sekitar pukul 01.00 dini hari," ujar Herman Suherman, Satgas BPBD Tasikmalaya, saat dikonfirmasi Liputan6.com, Selasa (6/11/2018) malam.

Hujan deras yang terjadi sejak Senin malam tadi, menyebabkan sejumlah sungai di wilayah Tasikmaya meluap.

Selengkapnya... 

3. Misteri Hilangnya Nelayan dari Atas Kapal di Perairan Banten

Kapal bantuan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) untuk nelayan di Kepulauan Natuna. (Gideon/Liputan6.com)

Tim Basarnas Banten saat ini terus melakukan pencarian terhadap nelayan yang hilang di perairan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Banten.

Nelayan itu bernama Sabin (60), berlayar seorang diri menggunakan perahunya bernama Kapal Motor (KM) Sidolar. Dia diduga menghilang sejak Selasa (07/11/2018) pagi. 

Sebelum berlayar dan menghilang di atas kapal, Sabin diketahui mengenakan kaos berwarna oranye.

Selengkapnya...

 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.