Sukses

Cerita Angker Villa Yuliana, Rumah Singgah Ratu Belanda di Soppeng

Villa Yuliana adalah bangunan tanda cinta Gubernur Hindia Belanda, C.A. Kroesen kepada Ratu Yuliana. Bangunan yang didirikan pada tahun 1905 ini banyak menyimpan cerita mistik.

Liputan6.com, Jakarta - Warga setempat lebih mengenalnya dengan nama Mess Tinggi, meski nama sebenarnya bangunan tua itu adalah Villa Yuliana. Bangunan yang didominasi warna putih dan hijau itu terletak di tengah ibu kota Watansoppeng, tepatnya di Kelurahan Botto, Kecamatan Lalabata, Kabupaten Soppeng. 

Oleh pemerintah setempat bangunan itu kini telah diubah menjadi museum dan diberi nama Museum Latemmamala. Dulunya bangunan ini dibangun oleh Gubernur Hindia Belanda, C.A. Kroesen, pada tahun 1905 untuk menjadi tempat peristirahatan Ratu Yuliana.

Ada banyak cerita-cerita mistik yang menyelimuti bangunan yang telah berumur lebih dari satu abad ini. Mulai dari pintu ruangan yang kadang terkunci tiba-tiba hingga penampakan fisik maupun suara dari bangunan tua itu.

Andi Amir Aco, salah seorang warga Soppeng mengaku pernah melihat sendiri kejadian menyeramkan itu. Kala itu ia sedang menunggu temannya di depan Villa Yuliana dan mendengar suara derap langkah bak serdadu.

“Kejadiannya sudah agak lama, saya lupa kapan persisnya. Yang jelas kala itu saya dengar suara langkah kaki mirip orang baris-berbaris, saya membayangkan kalau itu adalah tentara Belanda,” kata Amir Aco kepada Liputan6.com, pertengahan September lalu.

Karena merinding, Amir Aco pun berpindah tempat untuk menunggu temannya itu. Setelah ia bertemu dengan temannya, Amir Aco kemudian menceritakan tentang apa yang dialaminya. Siapa sangka kawan Amir Aco bahkan pernah melihat yang lebih seram dari itu, ia melihat sesosok manusia menggunakan jubah putih dari lantai dua Villa Yuliana.

“Pas saya ketemu dengan teman yang saya tunggu, saya cerita ke dia apa yan saya alami, ternyata dia lebih parah. Dia katanya pernah melihat perempuan berjubah putih dari lantai dua Villa Yuliana,” kisahnya.

Selain itu, Amir Aco juga pernah mendengar cerita mistik lainnya tentang villa Yuliana, cerita itu adalah tentang lampu pijar gantung yang bisa bergoyang sendiri. Biasanya lampu itu bergoyang sendiri jika pengunjung Villa Yuliana terlalu berisik.

 “Kalau lampu itu tiba-tiba goyang itu tandanya penghuninya lagi marah. Kadang juga kaki pengunjung tiba-tiba terkilir jika terlalu banyak tingkah,” ucapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pintu Terkunci Sendiri hingga Suara Orang Lagi Mandi

Kejadian mistis lainnya juga pernah terjadi di beberapa ruangan di dalam Villa Yuliana. Ruangan itu terkadang tiba-tiba terkunci sendiri dari dalam, padahal sebelumnya pintu itu masih bisa terbuka. Atau pintu terkunci sendiri dari luar ketika ada pengunjung masuk ke dalam salah satu ruangan. 

“Sering begitu, padahal tidak ada orang di dalam. Pernah juga teman saya terkunci dari luar padahal tidak ada orang di luar,” aku Amir Aco.

Tawakkal, warga Soppeng lainnya bercerita kala itu ia sedang berkunjung ke museum tersebut bersama kekasihnya. Ia tak sengaja mendengar suara orang yang sedang mandi dari dalam kamar mandi Villa Yuliana.

“Iya seperti ada orang yang sedang mandi, padahal tidak ada,” ucap dia.

Tawakkal juga menyebutkan kala itu ia merasa ada seseorang yang menggenggam tangannya, awalnya dia pikir kekasihnya yang melakukan itu, saat ia menoleh ternyata tak ada orang disampingnya.

“Saya tanyakan kejadian ini ke penjaga yang ada di situ, katanya itu sudah sering terjadi,” dia memungkasi.

 

Saksikan video menarik pilihan berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.