Sukses

Dua ABG Labil Curi Kotak Amal Masjid Buat Beli Rokok

Dua ABG labil berinisial RF (15) dan TR (15), tertangkap tangan saat beraksi mencuri kotak amal Masjid Annur, Prapen.

Surabaya - Dua ABG berinisial RF (15) dan TR (15), tertangkap tangan saat beraksi mencuri kotak amal Masjid Annur, Prapen. Keduanya ditangkap tim antibandit Polsek Tenggilis dengan barang bukti tang dan uang kotak amal Rp 56 ribu saat aksinya yang ke-empat. 

Kanitreskrim Polsek Tenggilis AKP Puguh Sudarsono mengatakan, tersangka dengan berkeliling. Setelah menemukan masjid yang kotak amalnya ditaruh di luar dan dianggap aman, mereka langsung beraksi.

“Tersangka biasa beraksi sekitar pukul 02.00-03.00 dinihari saat masjid sepi. Ini dilakukan karena dianggap aman,” katanya.

Saat beraksi di Masjid Annur, Prapen, tersangka langsung mengendap-endap masuk ke dalam dan merusak gembok kotak amal menggunakan tang. Setelah itu, mereka langsung menguras habis uang di dalamnya.

“Beruntung masjid tersebut dilengkapi dengan kamera CCTV sehingga kami bisa melacak kedua tersangka,” katanya.

Ketika dilakukan penyidikan, diketahui jika tersangka sebelumnya juga melakukan pencurian di tiga masjid lain. Yakni masjid Al Amin, Sidosermo; Baiturrahman, Sidosermo; dan Istiqomah, Sarono Jiwo.

“Kami sudah amankan barang bukti kotak amal di lokasi lain, serta uang sisa pencurian Rp 56 ribu. Mereka mencuri katanya untuk membeli rokok,” ujarnya.

Baca juga berita Jawapos.com lainnya di sini.

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.